nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangankan Foke, DPR Saja ke Jerman Ditolak

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Selasa 17 September 2013 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 09 17 339 867529 bS5aEnZu4y.jpg

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Nurul Arifin, tidak terlalu terkejut dengan adanya penolakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman terhadap pencalonan Fauzi Bowo sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jerman.

 

"Kalau (pelajar) Jerman menurut kami, jangankan duta besar, DPR saja ke sana ditolak. Penolakan oleh pelajar di Jerman hal yang biasa," ungkap Nurul kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/9/2013).

 

Namun, Nurul akan melihat maksud penolakan PPI Jerman terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. "Yang penting bukan terus kita memaksakan, karena menerima pressure satu kelompok, kemudian kita jadikan alasan untuk menolak," sambungnya.

 

Politisi Partai Golkar itu, menganggap saat ini Komisi I akan melihat kompetensi pria yang akrab disapa Foke untuk mewakili Indonesia di Jerman.

 

"Lebih baik subtansinya saja apakah yang bersangkutan (Foke) itu menguasai apa tidak. Pastinya banyak pertimbangan dari pemerintah mengirimkan yang bersangkutan ke Jerman," paparnya.

 

Sementara itu, anggota Komisi I dari Fraksi Hanura, Susaningtyas NH Kertopati, mengatakan upaya penolakan PPI Jerman terhadap Foke harus dilihat secara luas.

 

"Mereka boleh saja menilai siapapun yang datang ke Jerman. Tetapi menurut saya, Foke memiliki pengenalan kepada publik di Jerman, karena pernah sekolah di Jerman, hidup, berbahasa dan berprilaku mirip orang Jerman itu menguntungkan dirinya dalam posisinya sebagai dubes," jelas wanita yang akrab disapa Nuning.

 

Nuning menambahkan, terlepas dari kelebihan dan kekurangan Foke, Komisi I akan objektif dalam memberikan penilaian. "Sebenarnya, dia tidak kalah pintar bahkan sangat paham dengan Jerman," pungkasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini