Share

IPB Gaet Kementan-LIPI Garap Sekolah Peternakan

Dani Jumadil Akhir, Okezone · Rabu 18 September 2013 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 18 373 867970 arDunknBCe.jpg Logo IPB

BOGOR - Guna meningkatan mutu mahasiswa di sektor peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membuat sekolah pendidikan yang dinamakan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR).

Guru Besar Genetika dan Pemuliaan Ternak Fakultas Peternakan IPB Muladno mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya membidik tiga kota besar yaitu Barito Kalimantan Selatan, Jombang Jawa Timur dan Palembang Sumatera Selatan.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"Coba Anda bayangkan tiga instansi ini mengurusi masalah peternakan, dalam 5-10 tahun pasti ada perubahan tentang kinerja daging sapi dan susunya," ungkap Muladno, di IPB Convention Center, Rabu (18/9/2013).

Untuk masalah anggaran, MuIando menambahkan, IPB sudah menyiapkan dana sebesar Rp125 juta di tahun ini. Ditambah bantuan dana dari Kementerian Pertanian dan LIPI.

Menurut Muladno, 98 persen peternakan sapi yang dikuasai oleh peternak lokal dan kecil ini, dengan hadirnya SPR akan mampu membuat peternak sapi ini mengerti sapi yang berkualitas dan tidak hanya menjual yang bagus-bagus apabila membutuhkan uang.

"Nantinya para mahasiswa akan terjun langsung ke lapangan untuk membina para peternak dan memberikan informasi bagaimana cara meningkatkan populasi sapi," tandasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini