Share

Hermawati Siap Jadi Mahasiswi Pertama yang Taklukkan Aconcagua

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 19 September 2013 00:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 18 373 868276 UlXto0kiS7.jpg Pegunungan Aconcagua. (Foto: wikipedia)

JAKARTA - Tiga anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) masuk dalam enam calon atlet Spirit of Indonesian Youth Expidition Part III (SIYE III) Mount Aconcagua, Argentina. Keenam atlet itu berencana menaklukan puncak tertinggi di Negara Tango itu pada November 2013.

Ketiga atlet terpilih itu adalah mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Miftakhul Ulum, serta Putra Tri Atmaja dan Hermawati yang berasal dari prodi Pendidikan Luar Sekolah (FIP).

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Pemilihan ketiga atlet tersebut bukan secara asal tetapi melalui serangkaian kegiatan training center harian, lapangan, dan beberapa tes pendukung lain selama dua bulan. "Pendakian ke gunung Aconcagua tertinggi di Argentina ini akan dilaksanakan pada 14 November sampai 8 Desember 2013," kata Ketua Panitia Expedition SIYE III, Ma’rifah, seperti dinukil dari laman Unnes, Kamis (19/9/2013).

Ma’rifah mengemukakan, Hermawati merupakan satu-satunya atlet perempuan yang terpilih dalam pendakian tersebut. Maka, dia berharap Herawati dapat mengemban amanah berat sebagai mahasiswa perempuan pertama yang akan menaklukan puncak Aconcagua.

"Selama pendakian, semua atlet harus siap dengan segala kondisi terutama cuaca sehingga sukses sampai puncak Aconcagua 6.962 meter di atas permukaan laut (6.962 mdpl) untuk dapat mengibarkan bendera Unnes dan bendera sang saka merah putih," tuturnya.

Sebelumnya, Mahapala Unnes juga sukses dalam ekspedisi pertama pada 2009 di Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl), Tanzania, Amerika serta ekspedisi kedua pada 2011 di Gunung Elbrus (5.642 mdpl), Rusia, Eropa.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, merupakan agenda rutin yang kerap dilaksanakan Mahapala Unnes. "Ini merupakan agenda dua tahunan Unnes dan Mahapala," imbuh Ma’rifah.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini