Share

Dua Prodi Fisipol UGM Siap Terakreditasi Internasional

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 19 September 2013 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 19 373 868643 aumFv5FXkb.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA - Kampus dengan program studi (prodi) berakreditasi baik tentu akan menjadi pilihan utama para calon mahasiswa. Hal ini pula yang mendasari berbagai perguruan tinggi terus-menerus mengajukan akreditasi terhadap setiap prodi baik secara nasional maupun internasional.

Tindakan itu pula yang dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. UGM mengajukan areditasi bagi prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Manajemen dan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol). Tidak tanggung-tanggung, kali ini mereka mendapat giliran penilaian akreditasi dari ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA).

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Proses visitasi akreditasi dari lembaga akreditasi regional ASEAN dilaksanakan dalam rangka untuk mendapatkan pengakuan akreditasi AUN-QA. Dalam akreditasi tersebut, UGM tergabung bersama 26 universitas dari 10 negara Asia Tenggara.

Rektor UGM Pratikno menyebut, proses penilaian akreditasi dari AUN-QA pada dua prodi di Fisipol UGM bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UGM. Sehingga pengakuan yang diperoleh tidak hanya secara nasional tapi juga di tingkat regional dan internasional. "Kami mendukung AUN-QA sebagai salah sata lembaga akreditasi regional," kata Pratikno, seperti dinukil dari situs UGM, Kamis (19/9/2013).

Selain dua prodi di Fisipol, sebelumnya enam prodi di UGM juga telah mendapat pengakuan akreditasi dari AUN-QA. Keenam prodi tersebut adalah prodi Pendidikan Dokter, Biologi, Kimia, Teknik Sipil, Teknik Geologi, dan Farmasi.

Selain memperjuangkan untuk mendapatkan pengakuan akreditasi dari lembaga regional, beberapa prodi di UGM juga telah mendapat pengakuan dari lembaga akreditasi internasional. Salah satunya studi S-1 Kimia UGM yang telah mendapatkan akreditasi internasional dari The Royal Society of Chemistry (RSC) dari Inggris.

Sedangkan sampai saat ini, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM terus berupaya untuk memperoleh pengakuan akreditasi internasional dari Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB).

"Kami berkomitmen kuat untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan, termasuk di dalamnya kompetensi dan profesionalisme dalam memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya.

Lead Assesor of AUN Wyona Patalighung mengungkap, UGM merupakan salah satu dari 26 Universitas yang tergabung dalam AUN-QA. Sejak 2007 hingga saat ini, sudah ada 40 prodi yang mendapat penilaian dari tim akreditasi AUN. "Termasuk enam prodi UGM yang telah diakreditasi sebelumnya," tutur Wyona.

Dia menambahkan, semua prodi yang mengajukan akreditasi AUN-QA diwajibkan mengirimkan dokumen self assessment report. Dari dokumen tersebut akan dinilai oleh tim penilai lewat visitasi akreditasi ke prodi yang bersangkutan. "Semua harus mengacu pada standar yang ditetapkan AUN-QA," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini