Share

Unmul-Unnes Gelar Pendidikan Profesi Konselor

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 21 September 2013 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 20 373 869460 jpO2yGH5Ti.jpg Unmul-Unnes. (Foto: dokumentasi Unnes-Unmul)

JAKARTA - Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur, menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kerjasama tersebut terjalin dalam bidang Pendidikan Profesi Konselor (S-1) dan Pendidikan Bimbingan Konseling (S-2).

Rektor Unnes Fathur Rokhman menyebut, nantinya, kerjasama yang terjalin tidak hanya dalam bidang itu saja, tetapi mencakup pula bidang tri dharma perguruan tinggi lain. "Seperti tukar menukar mahasiswa, dosen, dan kegiatan ilmiah," tutur Fathur, seperti disitat dari laman Unnes, Sabtu (21/9/2013).

Hal itu, menurut Fathur, dikarenakan perguruan tinggi harus saling memberi keunggulan yang dimiliki masing-masing supaya memberi kebermanfaatan yang lebih luas. "Sistem sertifikasi dosen (serdos) dan sertifikasi guru yang dikembangkan oleh Unnes, misalnya, dapat dikembangkan dan digunakan oleh mitra kerjasama," katanya.

Dia menambahkan, kerjasama dan sinergitas antar-perguruan tinggi menjadi hal yang makin dibutuhkan. Apalagi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengajak perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan program saling tukar mahasiswa baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Diharapkan ilmu yang didapat pun makin berkembang. Selain itu dapat mengenal lebih jauh ragam budaya yang ada di Indonesia," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unmul Zamruddin Hasyid mengaku senang dengan terjalinnya kerjasama tersebut. Dengan demikian, lanjutnya, bersama dengan Unnes, Unmul bisa ikut bersama-sama dalam pengembangan pendidikan dan manajemen pendidikan di Unmul.

"Dengan kampus seluas 270 ribu hektare (ha), Unmul baru menggunakan 70 ha. Selebihnya berupa hutan," ungkap Zamruddin.

Oleh sebab itu, menurutnya, Unmul dan Unnes memiliki semangat yang sama dalam mengembangkan kampus konservasi. "Sangat memungkinkan kerjasama ini merambah konservasi alam," tambahnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini