Share

Lindungi Data, KPU Bisa Gandeng Lembaga Independen

Tri Kurniawan, Okezone · Kamis 03 Oktober 2013 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 03 339 875700 CY607Me3mh.jpg

JAKARTA - Kerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) menuai kritik. Pasalnya, jika alasan kerjasama itu untuk melindungi data Pemilu 2014, KPU bisa bekerjasama dengan lembaga independen.

"Kalau KPU alasannya untuk back up data, banyak lembaga yang netral dan independen yang bisa diajak kerjasama," kata Direktur Program Institut Demokrasi, Andi Gani usai diskusi Golput dan Fenomena Jokowi di Menteng, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Menurutnya, kerjasama itu bukan tanpa manfaat. Namun, dia melihat, sisi negatif kerjasama itu lebih banyak dari pada sisi positifnya. "Karena akan menimbulkan kecurigaan," cetusnya.

Dia menyarankan, lindungi proses Pemilu 2014 tanpa hubungan dengan Lemsaneg. Lembaga itu bertanggungjawab kepada presiden. "Presidennya ketua umum partai, makanya akan menimbulkan kecurigaan," tegasnya.

Lanjutnya, kerjasama KPU-Lemsaneg memang tidak bisa disimpulkan bagian dari upaya partai penguasa melanggengkan kekuasaan. Namun, lanjutnya, kecurigaan seperti itu di masyarakat sangat mungkin terjadi.

"Untuk Pemilu adil, jujur dan bersih, batalkan MoU dengan Lemsaneg. Karena akan memancing kecurigaan kok tidak pernah ada di Pemilu sebelumbnya tiba-tiba ikut," pungkasnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini