nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SAR DIY Bentuk 2 Regu Cari Pendaki Tersesat di Gunung Merapi

Priyo Setyawan, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2013 06:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 10 15 510 881668 gnlUmCfwrh.jpg Ilustrasi

YOGYAKARTA - SAR DIY membentuk dua regu untuk mencari pendaki Gunung Merapi, Arif Wicaksono, warga Maguwo RT 04/46 Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY, yang tersesat.

Komandan SAR DIY, Brotoseno, mengatakan, dua regu yang sekarang berada di Gunung Merapi tersebut merupakan regu awal. Mereka bertugas mengumpulkan data dan mencari bahan pendukung lainnya. Dari informasi awal tersebut, nantinya yang akan digunakan sebagai petunjuk dalam memprediksi posisi korban berada.

“Selain itu kami juga menyiapkan petugas di Posko SAR DIY, sehingga jika ada perkembangan langsung dapat ditindaklanjuti,” ungkap Brotoseno.

Menurut Brotoseno, SAR DIY juga berkoordinasi dengan SAR setempat untuk melakukan pencarian. SAR DIY mengetahui kabar hilangnya pendaki tersebut, pada Minggu 13 Oktober sekira pukul 19.00 WIB.

“Dari informasi tersebut, kami langsung melakukan koordinasi dengan SAR setempat,” katanya.

Brotoseno menjelaskan sesuai dengan mekanisme, untuk pendakian Gunung Merapi melalui jalur Selo, Boyolali, biasa dimulai pada pukul 00.00 WIB dan saat waktu Subuh diperkirakan sudah mencapai puncak. Dengan kondisi tersebut diharapkan kondisi korban masih dalam kondisi prima.

“Itu perkembangan sementara, jika ada yang baru nanti kami informasikan,” jelasnya.

Dari informasi, Arif Wicaksono bersama lima temannya melakukan pendakian Gunung Merapi melalu jalur Selo, Boyolali, pada Sabtu 12 Oktober pukul 16.00 WIB. Saat perjalanan turun Arif  berada paling depan.

Namun saat sampai bawah arif terpisah dari rombongan dan keberadaanya tidak diketahui. Hal ini kemudian dilaporkan kepada petugas. Petugas kemudian menyebarkan informasi tersebut dan melakukan pencarian.

(tbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini