nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara Dapat Promosi Kerja

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2013 12:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 10 18 370 883282 0OrMxv2HwU.jpg Ilustrasi: Reuters.

ANDA bertanya-tanya, setelah bertahun-tahun bekerja, mengapa tidak kunjung dipromosikan? Sementara jabatan mereka yang masa kerjanya lebih baru dari Anda sudah mulai meningkat.

Coba introspeksi diri Anda. Apakah Anda sudah melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda dipromosikan? Atau Anda hanya duduk manis dan menjadi karyawan yang baik tanpa banyak protes?

Perlu diketahui, perusahaan menginginkan karyawan dengan gairah, insting kepemimpinan, sikap sungguh-sungguh dan mereka yang mampu memberikan solusi untuk mendapat promosi. Kebanyakan perusahaan saat iniĀ  mengharapkan karyawannya mampu multitasking tanpa mengeluh.

Sayangnya, ketika berpikir tentang promosi kita kerap melihat ke anak tangga teratas dan melupakan pentingnya pergerakan ke samping, misalnya pindah ke area berbeda dengan level gaji dan jabatan yang sama. Mengambil peran dan tanggung jawab baru akan memberi Anda kemampuan dan pengalaman baru, informasi lebih banyak tentang perusahaan dan jaringan yang lebih luas. Perubahan ini dapat mendukung kita dalam mendapat promosi.

Berikut tujuh langkah mendapatkan promosi, seperti dilansir Chicago Tribune, Jumat (18/10/2013).

1. Tunjukkan etos kerja yang kuat

Ketahuilah apa yang dibutuhkan orang lain dari Anda, kemudian penuhi semua itu dengan baik dan tepat waktu. Jika Anda tidak yakin, tanya atasan Anda dan mereka yang mengandalkan Anda. Kuasai job desk pada jabatan Anda sehingga Anda menjadi referensi orang lain. Perkaya pengetahuan Anda dengan rajin membaca.

2. Temukan mentor

Mentor adalah orang yang dapat Anda ajak bicara secara terbuka dan jujur tentang isu-isu pekerjaan, baik formal maupun informal. Seorang mentor harus lebih berpengalaman daripada Anda. Mentor yang baik dapat menunjukkan sisi buruk Anda, menawarkan saran, menghargai kesuksesan dan mengarahkan karier Anda. Selain si Bos, pikirkan siapa yang bisa meluangkan waktu untuk membantu Anda berkembang. Seorang mentor juga dapat memberi tekanan positif untuk meningkatkan kemampuan dan bakat Anda.

3. Utarakan Pendapat

Bicaralah kepada atasan Anda tentang cita-cita karier Anda di perusahaan tempat Anda bekerja sekarang. Ini adalah karier Anda, dan Anda punya kendali mengelolanya.

Promosikan prestasi Anda sesuai kenyataan, bukan dengan cara membangga-banggakan diri. Aktiflah juga rapat, jam makan siang atau ketika berpapasan dengan rekan kerja dan atasan. Sampaikan sesuatu yang bermakna dan relevan pada setiap percakapan, dan pastikan Anda "dilihat dan didengar."

4. Tetap terlihatĀ 

Tunjukkan inisiatif dengan menjadi sukarelawan pada berbagai proyek, baik di departemen Anda, proyek temporer, maupun pada tim yang terdiri dari berbagai divisi. Berbagai pekerjaan tersebut akan memberikan Anda kesempatan meraih lebih banyak pengalaman, menunjukkan kemampuan Anda kepada grup yang lebih besar, memperluas jejaring Anda dan membuat nama Anda dikenal.

Ingatlah, manajer yang baik selalu melihat bakat-bakat terpendam. Pergerakan ke samping Anda bisa saja menjadi tiket Anda dalam meraih promosi kerja.

5. Hindari gosip dan politik kantor

Anda harus menunjukkan integritas dan kepercayaan. Terlibat dalam gosip kantor adalah salah satu cara menjatuhkan karier Anda.

Sementara itu, penting bagi Anda untuk memahami politik kantor, terutama aturan-aturan tersembunyi. Tetapi Anda harus pastikan tidak terjebak dalam politik kantor.

6. Tampil profesional

Bayangkan di mana Anda ingin karier Anda berada dalam beberapa tahun ke depan. Kemudian, mulailah menjalaninya. Berpakaianlah sesuai dengan posisi yang Anda inginkan, bukan yang saat ini Anda jalani.

Dalam percakapan lisan maupun tulisan, pastikan Anda profesional, jelas dan tegas. Selain itu, pertimbangkan untuk tidak selalu pulang tepat waktu. Jika Anda selalu pulang pukul lima sore tepat, maka kebiasaan ini tidak menunjukkan komitmen yang kuat pada posisi yang sedang Anda jalani.

7. Jalani posisi Anda

Semua butuh proses. Menjalankan tips ini bukan berarti Anda akan langsung mendapat promosi di akhir pekan. Lakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan bekal kemampuan dasar, kesempatan mengembangkan jaringan dan meraih kepercayaan diri. Bersabarlah, karena itulah yang dilakukan para pemimpin.

(rfa)

Berita Terkait

Fresh Graduate

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini