Virus Wirausaha Itu Harus Menular!

Rizka Diputra, Okezone · Minggu 27 Oktober 2013 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 27 373 887535 wfac590kxD.jpg Soetrisno Bachir. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Pengusaha muslim Soetrisno Bachir kian gencar menularkan virus enterpreneurship kepada para generasi muda. Hal itu dilakukannya di hadapan ribuan mahasiswa civitas akademika Universitas Muhammadiyah, Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam pemaparannya, mantan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, para enterpreneur ialah manusia yang memiliki pemikiran yang jauh ke depan.

"Jiwa enterpreneurship adalah kunci meraih kesuksesan dalam bisnis, dan itu harus dikembangkan sejak dini," ujar Soetrisno, dalam pemaparannya di pada Sabtu 26 Oktober 2013, di Universitas Muhammadiyah, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/10/2013).

Menurutnya, seorang wirausaha perlu menonjolkan sikap mental yang positif dan selalu mendorong untuk mencapai tujuan dengan gigih. Virus enterpreneurship inilah, kata dia, diimplementasikan dalam virus kemandirian, yang merupakan bibit kejayaan suatu bangsa.

"Populasi wirausahawan di Indonesia masih sebanyak 1,56 persen, berada jauh di bawah Malaysia yang punya empat persen, Thailand punya 4,1 persen, apalagi dengan Singapura yang punya tujuh persen," papar Soetrisno yang juga Ketua Umum Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII).

Bangsa Indonesia kata dia, harus memiliki mental tangguh dan wawasan yang luas, lantaran selama ini Indonesia cenderung menjadi bangsa yang minder dan kurang percaya diri.

"Dengan kemajuan kita saat ini, kita mampu membuktikan kalau kita bukan bangsa yang tangguh, bukan lemah. Kita dapat menunjukkan kalau kita bangsa yang juga mampu memberikan sumbangsih untuk dunia," tegasnya.

Soetrisno menambahkan, melalui KB PII, dirinya berupaya mengoptimalkan jaringan guna saling membantu dan mempromosikan antar alumni PII, serta meluaskan gerakan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa Indonesia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini