nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Linda: Caleg Perempuan Harus Jauhi Politik Transaksional!

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 04 November 2013 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 11 04 339 891624 HXqTVFoFjx.jpg Linda Gumelar (Foto: Koran Sindo)

BANDUNG - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar, mengajak para calon anggota legislatif (caleg) perempuan untuk menjauhi politik transaksional. Politik transaksional dinilai akan melunturkan kepercayaan publik pada demokrasi.

“Jauhi politik transaksional, karena itu akan menjatuhkan moral dan efek domino,” jelas Linda di Hotel Grand Royal Panghegar, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (4/11/2013).

Menurutnya, politik transaksional akan membuat publik apatis terhadap demokrasi itu sendiri. Ia menilai, sekarang saat yang tepat bagi caleg perempuan untuk memberi contoh baik bagi masyarakat.

“Kita berharap calon-calon ini memberi teladan,” ucapnya.

Saat turun ke masyarakat, para caleg perempuan diharapkan memiliki strategi yang mampu membuat publik bersimpati. Salah satu yang harus diperlihatkan adalah keramahan dan murah senyum.

Hal itu dinilai lebih berharga daripada memberikan uang. Karena saat memilih nanti, publik akan memilih mereka karena ingat senyuman dan keramahan, bukan uang yang diberikan.

Disinggung soal kualitas caleg perempuan, Linda menyebut hal itu relatif. Sebab, kemampuan satu sama lain berbeda. Melalui kegiatan pembekalan, ia berharap mereka benar-benar bisa bekerja dengan baik saat terpilih nanti.

Setelah terpilih, rencananya para caleg perempuan itu juga akan kembali diberi pembekalan seputar tugas dan fungsi anggota legislatif. “Tapi saya berharap para caleg secara sendiri-sendiri terus belajar dan memperkuat akses jejaring sehingga dia dapat informasi yang banyak tentang apa sebenarnya aspirasi masyarakat,” harapnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini