nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Buruk, Pendaki Asal Surabaya Tersesat di Gunung Merapi

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 05 November 2013 23:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 11 05 513 892274 K0I48mhvmt.jpg Ilustrasi

BOYOLALI - Seorang pendaki asal Surabaya, Jawa Timur, bernama Rio dilaporkan tersesat di Gunung Merapi. Berdasarkan informasi, Rio berangkat menuju puncak Gunung Merapi, bersama enam rekannya.

Rombongan pendaki tersebut memulai pendakian pada Minggu 3 November malam melalui jalur pendakian Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Informasi tersesatnya Rio diketahui saat enam rekannya kembali dan melaporkan ke pos pendakian Gunung Merapi Selo.

Komandan SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, menjelaskan dari informasi tersebut, tim Sar melakukan pemetaan wilayah Gunung Merapi untuk mengetahui posisi Rio. Selain itu, SAR juga membentuk dua tim pencarian dengan melibatkan tim SAR Klaten.

"Keberadaan Rio pukul 12.30 WIB, sudah kami ketahui. Dugaan sementara Rio tersesat di jalur pendakian Deles Klaten," papar Yoyok kepada Okezone, di Selo, Selasa (5/11/2013).

Menurut Yoyok, tim SAR siap melakukan penyisiran di lokasi keberadaan Rio yang sudah diketahui. Namun, cuaca di Gunung Merapi memburuk sehingga tim SAR menunda pencarian.

"Karena cuaca tidak memungkinkan pencarian dihentikan untuk sementara sampai kondisi cuaca normal," jelasnya.

Para pendaki diharuskan melapor ke polsek setempat dan petugas di pintu masuk pendakian agar bisa terpantau dan terdata.Tim SAR juga mengingatkan para pendaki untuk berhati-hati dan tidak boleh berada di puncak gunung lebih dari 24 jam.

Cuaca yang tidak menentu bisa berakibat fatal karena di puncak kondisinya tidak stabil dan sewaktu-waktu bisa longsor. Apalagi kabut tebal juga dapat terjadi tanpa terduga hingga membuat pendaki teresat.

(tbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini