Share

Asyiknya, Masuk IPB Tanpa Seleksi

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Jum'at 15 November 2013 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 15 373 897336 sqB5tZCSmA.jpg Logo IPB

JAKARTA - Masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi dambaan setiap pelajar. Apalagi jika universitas tersebut sudah menjadi incaran kita sejak lama.

Seperti 2.100 siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat dari seluruh Indonesia ini. Mereka mengikuti Pesta Sains Nasional 2013 di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor. Hadiah yang dijanjikan pun menyenangkan, menjadi mahasiswa IPB tanpa proses seleksi.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"Saya yakin siswa-siswi yang hadir di sini adalah yang terbaik. Namun, dari yang terbaik ini, kita akan tahu siapa juaranya. Untuk tahun ini, juara pertama dari setiap kategori berhak menjadi mahasiswa IPB tanpa seleksi. Tapi dengan syarat, siswa tersebut sudah kelas XII saat memenangi kompetisi ini," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, seperti dikutip dari laman IPB, Jumat (15/11/2013).

Pastinya, mereka juga harus melewati sebuah perjuangan dulu. Para siswa yang berasal dari 158 SMA/MA Aceh, Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi ini maksimal mengirimkan lima tim untuk bertanding di ajang nasional tersebut.

"Tahun ini jumlah peserta mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya sekira 20 sekolah. Itu di luar sekolah lain yang ingin mendaftar, tapi terkendala kuota," ujar Ketua Panitia Pesta Sains Nasional 2013, Dadan Sunandar.

Sekadar informasi, kompetisi tahunan ini sudah berlangsung sebelas kali dan memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI, Piala Bergilir Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI, Piala Bergilir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Piala Andi Hakim Nasoetion. Namun, sejak 2012, bagi juara I dari setiap kategori berhak masuk IPB tanpa seleksi.

Dalam kompetisi yang digelar selama dua hari yakni pada 8-9 November 2013 lalu, ada sepuluh lomba. Yakni Kompetisi Statistika Junior, Meteorologi Interaktif, Lomba Cepat Tepat Biologi, Chemistry Challenge, Matematika Ria, Programming Competition, Kompetisi Fisika, Lomba Karya Ilmiah Populer dan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Young Researcher Award (untuk siswa dan guru).

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini