Share

Green Campus Rambah UNS

Bramantyo, Okezone · Jum'at 15 November 2013 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 15 373 897504 Km1LxA5qxF.jpg Kampus UNS. (Ilustrasi ist)

SOLO - Kampanye Go Green mulai merambah dunia kampus. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memiliki lahan bagi hutan pendidikan yang luasnya mencapai 40 hektare (ha). Selain itu, UNS juga akan mengembangkan Arboretum, yaitu lahan konservasi keanekaragaman hayati dengan pohon-pohon langka.

Hutan pendidikan itu berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, dan Boyolali. Tiga daerah di Kabupaten Karanganyar yakni Jumantono, Jatikuwung, dan Jatiyoso dengan total luas lahan 7,5 ha. Wonosemar Kabupaten Boyolali dengan luas sekira 23 ha dan 10 ha di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Dekan Fakultas Pertanian UNS Bambang Pujiasmanto menyebutkan jika pengembangan hutan pendidikan UNS diawali dengan penanaman pohon langka di seputar Fakultas Pertanian misalnya matoa, kepel.

"Fakultas Pertanian menjadi pilot project UNS sebelum dikembangkan di fakultas lainnya seperti fakultas Pendidikan Biologi di FKIP dan jurusan Biologi MIPA. Di Fakultas Pertanian sudah kita wajibkan setiap mahasiswa baru membawa satu pohon untuk ditanam. One student one tree," jelasnya kepada wartawan di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2013).

Untuk merealisasikan hutan kampus menurut Bambang diperlukan sekira 800 bibit pohon baru per hektarnya. Selain mendapat bibit dari mahasiswa baru, hutan kampus juga mendapat bantuan dariย  Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS).

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini