Share

Karya Ilmiah Bikin Siswa Independen

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 15 November 2013 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 15 560 897808 ZybrcW3k3j.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memfasilitasi, membangun, dan mengembangkan kemampuan ilmiah masyarakat di bidang penelitian maupun inovasi ilmiah.

Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI Dr. Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono mengatakan, dengan adanya kompetisi ilmiah dapat mengeksplorasi karya-karya anak bangsa.

"Kita memfasilitasi dari temuan-temuan ini atau karya-karya ilmiah," ujarnya, di Widya Graha LIPI, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2013).

Lebih lanjut, dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ini, para peserta terlebih dahulu mengajukan proposal penelitian. Karya mereka yang bagus kemudian diterima dan mendapatkan bimbingan via email dan telepon, karena daerahnya yang jauh.

"Untuk para pemenang yang akan berangkat ke luar negeri tidak merekayasa, artinya kemampuan mereka ya seperti itu. Kita ingin siswa mampu independen, kita pengen independensi, kalau tidak disuruh guru untuk melakukan sesuatu, murid tersebut tidak mau jalan," ucapnya.

Mengenai beasiswa, Bogie melanjutkan, bila para pemenang sedang duduk di bangku kuliah akan diberikan rekomendasi kepada pihak kampus untuk mampu membangun negara Indonesia.

"Jadi kalian harus lanjutkan setelah menang dalam kompetisi ini dan kalian bisa bagus cara belajarnya," ungkapnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini