nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Geledah Kantor Bappebti Terkait Kasus Suap Makam

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Kamis 21 November 2013 01:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 11 21 339 900297 eE84dAsMgI.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di Kantor Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, penggeledahan tersebut terkait dengan penyidikan dugaan suap pemberian izin Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Kabupaten Bogor dengan tersangka Syahrul RS, yang merupakan Kepala Bappebti.

"Penggeledahan dilakukan sejak sore hingga pukul 23.15 WIB. Sejumlah dokumen disita oleh penyidik," jelas Johan kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (20/11/2013) malam.

Dia menambahkan, penggeledahan dilakukan oleh 10 orang penyidik KPK. Berdasarkan penjelasan penyidik ada beberapa dokumen yang berkaitan dengan Syahrul RS. berhasil disita. "Tetapi saya tidak tahu apa yang disita dan dokumen apa saja," tegasnya.

Berdasarkan pantauan, sekira pukul 23.40 WIB,  penyidik terlihat menurunkan sejumlah barang, seperti tiga buah kerdus berwarna cokelat dan satu buah koper beroda dibawa masuk ke dalam gedung KPK.

Sebelumnya, keterlibatan Syahrul dalam kasus suap terkait penerbitan izin lokasi Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Desa Antajaya Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, sebenarnya telah diendus Sinung Hermawan. Sinung adalah ketua majelis hakim yang memimpin sidang kasus tersebut di Pengadilan Tipikor Bandung.

KPK juga telah menetapkan lima tersangka setelah melakukan operasi tangkap tangan di area peristirahatan Tol Sentul. Mereka adalah pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Usep Jumeino, pegawai honorer di Pemkab Bogor Listo Wely Sabu, Direktur PT Garindo Perkasa Sentot Susilo, dan Direktur Operasional PT Garindo Perkasa Nana Supriatna, serta Ketua DPRD Iyus Djuher.

Kelimanya kini sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini