nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Murid Tawuran, Sekolah "Kena Batunya"

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Kamis 21 November 2013 21:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 11 21 373 900806 70XCMeUu3e.jpg Ilustrasi tawuran. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Aksi brutal yang dilakukan remaja semakin berani. Aksi yang tidak pernah habis-habisnya seperti tawuran. Bahkan, akibat tindakan kriminal para pelajar yang suka tawuran tidak tahu harus menyalahkan siapa? Entah pihak sekolah, orangtua, atau lingkungan.

Rektor Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Prof. Dr. M. Aman Wirakartakusumah menilai, keberanian yang timbul dari remaja tersebut muncul karena tidak ada nilai-nilai yang diterapkan ke dalam kehidupannya sehari-hari.

"Sebagai guru kita harus perhatian kepada para muridnya. Karena kalau sudah terjadi hal-hal seperti tawuran, pihak sekolahlah yang disalahkan. Padahal pihak sekolah sudah mendidik value atau nilai-nilai, agar mereka akan melihat dan mengambil keputusan setelah mempertimbangkan dari berbagai perspektif," ujar Ketua Majelis Pendidikan Dewan Pendidikan Tinggi Kemendikbud itu, di The Financial Club, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Dia mengungkapkan, masing-masing guru harus saling mengingatkan dan harus berwibawa mengenai tawuran antarpelajar.

"Kita harus yakin, kami dari pendidikan mencoba memberikan nilai-nilai positif. Untuk mencegah hal-hal seperti ini, perlu pendekatan anak dengan orangtua yang harus lebih dekat lagi, kalau berteman harus milih-milih teman dan juga harus kenal dengan orangtuanya," ucap Mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini