nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kenakalan Remaja, Ajari Berpikir Kritis!

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Jum'at 22 November 2013 08:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 11 21 560 900810 NiTEUA8J6i.jpg Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

JAKARTA - Usia remaja merupakan ajang untuk mencari identitas diri. Sehingga, kejadian brutal di kalangan pelajar bukan tidak mungkin akan terus berulang.

Dosen Ilmu Pendidikan Lingkungan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Stien Johanna Matakupan, M.Pd mengatakan, dalam perkembangan remaja, mereka ingin mencari jati diri, termasuk toleransi dengan teman kuat sekali. Jika ada teman yang salah dia langsung membela, namun lemah untuk berpikir kritis.

"Ada yang harus diperbaiki, yaitu menganalisa sesuatu untuk melihat benar atau tidaknya," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, di The Financial Club, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Kemudian, Anggota Dewan Caretakers of the Environment International itu melihat dari berbagai perspektif, yaitu perlu dibina dan diangkat pendidikannya di sekolah, mendidik nilai-nilai, sehingga dia akan melihat dan mengambil keputusan setelah mempertimbangkan dari berbagai perspektif.

"Remaja masih dalam proses aktualisasi diri dan emosinya yang belum matang. Lemahnya kita dalam pendidikan untuk membina dalam hal ini, tidak heran jika terjadi dimana-mana," ucapnya.

Berdasarkan data, Stien menjelaskan, sekolah yang anak-anaknya difasilitasi untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, dapat mengemukakan pendapat lebih banyak. Kemudian mereka juga berkontribusi dalam kegiatan sekolah dan masyarakat tinggi, sehingga angka kenakalan di sekolah itu rendah.

"Karena anaknya akan sibuk, tapi dia juga berpikir kritis. Itu yang kita lemah berpikir hal seperti itu, mengajarkan anak untuk mempertimbangkan moral, kenapa dia melakukan hal seperti itu? Seharusnya tidak melakukan hal ini, nanti bagaimana? Nah hal-hal seperti itu yang menjadi kelemahan," ungkapnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini