nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Sadapan Australia Bisa Bantu KPK Ungkap Kasus Century

Isnaini, Jurnalis · Jum'at 22 November 2013 16:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 11 22 337 901192 GEVK7xqyhi.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sekjen Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia, Adhie M Massardi, menilai penyadapan yang dilakukan intelijen Australia dan Amerika Serikat, menguntungkan dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia.

Menurutnya, hasil penyadapan terhadap orang-orang penting di Indonesia akan menguak topeng para petinggi di Republik ini sehingga rakyat Indonesia mempunyai gambaran jelas tentang para pemimpinnya.

"Sebentar lagi Indonesia akan mengadapi Pemilu 2014, mestinya hasil sadapan itu diungkap kepada publik agar lebih mengetahui gambaran calon pemimpinnya," ujar Adhie dalam dialog pergerakan dengan tema Penyadapan dan Diplomasi Kita di Rumah Pergerakan di Teluk Langsa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (22/11/2013).

Selain itu, manfaat yang bisa diperoleh dari hasil penyadapan intelijen asing juga dapa memudahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna mengungkap kasus yang tengah ditangani seperti skandal rekayasa bailout Bank Century, Hambalang dan suap di SKK Migas.

"Banyak percakapan yang berhubungan dengan skandal korupsi pusat kekuasaan, hasil sadapan itu pasti akan berguna bagi KPK. Lembaga pimpinan Abraham Samad ini bisa meminta hasil sadapan itu, baik ke pemerintah AS maupun Australia. Meskipun tidak bisa digunakan sebagai alat bukti namun bisa menjadi referensi dari kasus tersebut," ujar Kordinator Gerakan Indonesia Bersih itu.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini