nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panwas Tertibkan Baliho Kampanye Caleg di Banda Aceh

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 27 November 2013 15:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 11 27 340 903593 EXRZU9sCGi.jpg Ilustrasi

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Banda Aceh menertibkan baliho-baliho calon anggota legislatif, karena dinilai melanggar aturan kampanye. Mereka menurunkan baliho caleg yang ada di kawasan Simpang Jam, Simpang BPKP, dan depan Masjid Raya Baiturrahman.

Penurunan baliho melibatkan Satpol PP, Dinas Tata Kota, dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat. Baliho yang diturunkan milik caleg Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Aceh. "Sebelumnya sudah kami surati sampai tiga," kata anggota Panwaslu Kota Banda Aceh, Afridar kepada wartawan, Rabu (27/11/2013).

Menurutnya, kali ini sasaran penertiban adalah baliho. Baliho itu dianggap melanggar karena ukurannya melebihi dari yang diperbolehkan dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni 4x6 meter. Baliho partai politik menurut aturan harus memuat visi misi partai, nomor urut, nama pengurus dan bukan caleg perseorangan.

Selain baliho, lanjut Afridar, ke depan pihaknya akan menertibkan spanduk dan poster yang pemasangannya melanggar aturan kampanye serta keindahan kota. "Termasuk yang ditempel-tempel di pohon, itu juga akan ditertibkan," sebutnya.

Untuk menghindari kesalahpahaman di lapangan, Panwas akan segera mengadakan pertemuan dengan KIP serta parpol untuk mensosialisasikan aturan pemasangan atribut kampanye. Sehingga mereka tak tersinggung ketika ada atribut yang diturunkan paksa petugas.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini