Polri: Perlu Anggaran Khusus Pengamanan Pemilu 2014

Fiddy Anggriawan , Okezone · Rabu 04 Desember 2013 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 03 339 906765 RCKqkaO4gp.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie, menyatakan perlu adanya anggaran khusus untuk pengamanan pemilihan umum (pemilu) 2014.

"Kalau pemilu, memang harus khusus anggarannya. Dia lepas dari anggaran yang rutin tiap tahun yang diberikan kepada Polri berkaitan dengan kinerja ya," jelas Ronny kepada wartawan, di Gedung Humas Polri, Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Jenderal bintang dua ini menambahkan, pada saat pelaksanaan kampanye 2014 nanti, personel Polri akan turun untuk memberikan pengamanan dengan kekuatan dua pertiga anggota Polri.

"Hitungan orangnya juga sudah ada. Itu akan diberikan langsung. Jadi setiap anggota yang mau berangkat, sudah dikasih. Kemudian pada saat masa tenang, gantian dari sepertiga untuk pengamanan yang dua pertiga, selesai melaksanakan tugas rutin," terangnya.

Selain itu, kepolisian juga melakukan pengamanan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) disetiap wilayah juga akan diberikan anggaran.

"Kalau pada saat pelaksanaan, ini tergantung jumlah TPS berapa. Jumlah TPS kan dihitung. Satu TPS dijaga oleh beberapa orang anggota, itu dihitung nanti," tegas jenderal polisi bintang dua tersebut.

Hingga kini, Polri masih menunggu jumlah TPS berdasarkan data dari KPU untuk menurunkan jumlah personel yang tepat dengan jumlah TPS yang tersebar disetiap wilayah.

"Itu tergantung jumlah TPS kan belum ada sampai sekarang. Jadi dihitung dulu, berapa jumlah TPS dan berapa jumlah anggota, baru dijumlahkan apa dua pertiga atau lebih. Tergantung kebutuhan," tandasnya.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini