Share

Skripsi Palsu, 3 Mahasiswa Unismuh Diskors

Arpan Rachman, Okezone · Selasa 03 Desember 2013 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 03 373 906548 kO7QhiMhCZ.JPG Ilustrasi: columbusstate.edu

MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tidak main-main mengawasi proses pembuatan skripsi mahasiswanya. Buktinya, ketatnya pemeriksaan plagiarisme yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Unismuh menempatkan tiga mahasiswa sebagai terduga pemalsuan skripsi saat melakukan ujian meja di Gedung PSG Unismuh, hari ini.

Dekan FKIP Unismuh Andi Sukri Syamsuri menegaskan, ketiga mahasiswa yang diduga memalsukan skripsi tersebuit telah diberikan sanksi akademik yang berlaku.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"Mereka dikenakan sanksi berupa melakukan penelitian ulang dan diskoring selama satu semester," ungkap Syamsuri tanpa menyebutkan identitas ketiga mahasiswa itu, Selasa (3/12/2013).

Syamsuri menegaskan, sanksi diberlakukan selain untuk memperbaiki kualitas luaran, juga mendukung peraturan yang berlaku dan memberikan efek jera kepada para pelaku.

"Ke depan dengan pemeriksaan skripsi yang ketat, mahasiswa lain diharapkan tidak ada yang melakukan perbuatan serupa, yakni melakukan pemalsuan atau menjiplak karya orang lain," ujar Syamsuri.

Menurut Syamsuri, melakukan hal seperti itu bisa merusak nama baik kampus dan membiasakan mahasiswa jadi malas serta melekat pada dirinya cap sebagai pelaku pencurian karya ilmiah akademik.

Dibeberkan, ada 493 mahasiswa Unismuh menjalani yudisum. Mereka merupakan mahasiswa dari delapan program studi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tingkat fakultas 3,52 sedangkan tingkat prodi mencapai 3,90.

Unismuh memiliki kebijakan menyeleksi mahasiswa dengan nilai IPK tertinggi dari tiap prodi untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Asyiknya, foto mereka akan dipajang di depan Gedung PSG Unismuh dan saat malam ramah-tamah di Grand Clarion Hotel&Convention, Makassar.

"Mereka juga akan menerima piagam penghargaan dan cedera mata dari fakultas," tandas Syamsuri.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini