nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hakim Nilai Luthfi Aktif Urus Impor Daging Sapi PT Indoguna

Arief Setyadi , Jurnalis · Senin 09 Desember 2013 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 12 09 339 909733 h0BrOfJP1G.jpg

JAKARTA - Pembacaan putusan terhadap terdakwa mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq masih terus berlangsung di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (9/12/2013).

 

Dalam pertimbangan putusan, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menilai Luthfi terbukti melakukan penerimaan hadiah atau janji secara aktif dalam pengurusan penambahan kuota impor daging sapi PT Indoguna Utama di Kementerian Pertanian.

 

Hakim anggota I Made Hendra, saat membacakan putusan menyebutkan kalau terdakwa dinilai terbukti menerima suap Rp1,3 miliar dari Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman yang diberikan melalui Ahmad Fathanah. Dalam proses pemberian uang, Fathanah selalu berkordinasi dengan Luthfi.

 

Uang sejumlah tersebut juga merupakan komitmen fee dari total Rp 40 miliar. "Atas permintaan saksi Maria Elizabeth Liman, terdakwa terbukti menjanjikan membantu pengurusan kuota impor daging sapi PT IU 8.000 ton dengan fee per ton sebesar Rp5.000," ujarnya di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

 

Setelah terjadi kesepakatan, Luthfi dan Fathanah juga terjadi kesepakatan untuk mengurus 8 ribu ton daging sapi impor menjadi 10 ribu ton dengan fee per ton tetap Rp5.000. Bila ditotal, Luthfi dan Fathanah akan menerima Rp50 miliar.

 

Sementara itu, lanjut Made, dalam pledoi Luthfi, dia mengaku pembicaraan dalam telepon dengan Fathanah hanya bercanda. Hakim menilai itu hanya sebagai pembelaan

 

"Luthfi meminta Fathanah untuk menyampaikan kepada Maria Elizabeth Liman agar total yang diurus 10.000 ton agar fee yang akan diterima sebesar Rp50 miliar. Nada pembicaraan itu bukan bercanda tetapi serius," tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini