Share

Pemimpin Dunia sampai Selebritis Beri Penghormatan ke Mandela

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Rabu 11 Desember 2013 00:24 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 11 414 910449 uCkL68uut2.jpg Bono bersama Charlize Theron di penghormatan Mandela. (Foto: AFP)

JOHANNESBERG - Para pemimpin dunia telah bergabung dengan ribuan pelayat untuk merayakan masa hidupnya mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela. Presiden AS Barack Obama pun memimpin penghormatan untuk pejuang antiapartheid tersebut.

Derasnya hujan di Johannesburg tak menyurutkan semangat 80 ribu rakyat Afrika Selatan untuk datang ke Stadion FNB dalam memberikan penghormatan terakhir bagi Mandela.

Melansir Mirror, Rabu (11/12/2013), sejumlah tokoh-tokoh politik global termasuk Obama pun berdatangan di antaranya seperti Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, mantan Presiden AS Bill dan istrinya Hillary Clinton, George W Bush, Presiden Prancis Francois Hollande, dan Presiden Kuba Raul Castro.

Beberapa selebriti pun juga ikut terlibat dalam penghormatan untuk Mandela ini, seperti supermodel Naomi Campbell, aktris Charlize Theron, dan pentolan grup musik U2 Bono.

Penghormatan tersebut sempat terlambat satu jam karena beberapa pemimpin dunia ini terjebak macet. Pelayanan tersebut dibuka dengan penampilan paduan suara massa yang membawakan lagu kebangsaan Afrika Selatan, sebelum serangkaian upeti dari teman Mandela, keluarga, dan presiden dari seluruh dunia berbicara mengenai Mandela.

Para pemimpin dunia lainnya yang berbicara kepada rakyat Afsel memang disambut antusias, namun tidak demikian dengan Presiden Afsel Jacob Zuma. Zuma malah dicemoooh oleh rakyat Afsel.

Tubuh Nelson Mandela saat ini akan dibaringkan di Pretoria selama tiga hari, sebelum pemakaman kenegaraan di desa asalnya Qunu pada Minggu, 15 Desember 2013.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini