Jasad Mandela Disemayamkan di Pretoria

Fajar Nugraha, Okezone · Rabu 11 Desember 2013 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 11 414 910724 YV99ZJGe1L.jpg Jasad Mandela dalam peti jenazah (Foto: Daily Mail)

PRETORIA - Jasad dari mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela dibawa ke Pretoria. Di Ibu Kota Afsel ini, jasad Mandela disemayamkan di Gedung Pemerintah.

Setiap pagi hingga tiga hari ke depan, jasad Mandela akan diusung dengan peti jenazah dari kaca. Warga setempat diminta untuk berkumpul di rute yang akan dilintasi jasad dari pahlwan perjuangan anti-apartheid tersebut, untuk memberikan penghormatan.

"Rakyat diminta untuk membentuk barisan penghormatan dengan berbaris di tepi jalan," imbauan Pemerintah Afrika Selatan, seperti dikutip Reuters, Kamis (11/12/2013).

Tetapi, rakyat dan juga para pemimpin negara lain dan tamu internasional bisa melihat jasad Mandela di dalam Gedung Pemerintahan. Hal ini adalah bagian dari prosesi pemakaman dari tokoh yang wafat pada 5 Desember 2013 lalu.

Sementara pemakaman dari tokoh berusia 95 tahun ini, akan berlangsung pada 15 Desember 2013. Pemakaman akan dilakukan di desa kelahiran Mandela di Qunu, wilayah Provinsi Eastern Cape.

Sebelumnya, pada Selasa 10 Desember 2013, prosesi penghormatan dilakukan di Stadion FNB Soweto, Johannesburg. Sekira 80 kepala negara dan kepala pemerintahan turut hadir dalam penghormatan tersebut dengan disertai puluhan warga Afrika Selatan yang tengah berduka.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memberikan pidato penghormatan terhadap Mandela. Selain itu, Presiden Kuba Raul Castro dan Presiden Brasil Dilma Roussef turut memberikan pidato penghormatan untuk Mandela.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini