Membolos Demi Melihat Mandela

Fajar Nugraha, Okezone · Rabu 11 Desember 2013 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 11 414 910935 tZIw5bj0CB.jpg Warga Afsel hadiri penghormatan untuk Mandela (Foto: Reuters)

JOHANNESBURG - Sosok Nelson Mandela memang sangat dicintai oleh rakyatnya. Bahkan banyak dari rakyat Afrika Selatan (Afsel) rela bolos kerja untuk menonton atau menghadiri langsung upacara penghormatan untuk Mandela.

"Perusahaan tempat saya bekerja tidak memberikan izin untuk kami, jadi saya membolos untuk datang ke sini (upacara penghormatan Mandela). Saya pikir seluruh perusahaan untuk tutup demi menunjukkan rasa berkabung," ujar seorang pekerja di Durban, seperti dikutip Time, Rabu (11/12/2013).

Sementara seorang warga lainnya mengaku mempercepat istirahat makan siangnya untuk menandatangani buku duka, di Balai Kota Durban. Dirinya juga menonton upacara tersebut di televisi.

"Sudah sepatutnya beberapa perusahaan menunjukkan rasa simpatinya. Kami dalam masa berkabung," menurut warga yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Berbeda dengan kedua warga yang harus membolos, beberapa perusahaan di Afsel rela memberikan libur bagi karyawannya untuk memberikan penghormatan terhadap Mandela. Seorang pekerja bernama Keshree Hamid mengaku dirinya bergantian dengan rekannya, untuk meninggalkan kantor dan menonton siaran langsung upacara tersebut.

Sementara pengacara Durban, Dion Govender menutup praktiknya untuk mengizinkan lima orang stafnya menonton upacara bersejarah itu. Menurut Govender, ini adalah peristiwa bersejarah dan semua warga harus turut serta.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini