Ribuan Warga Afsel Antre untuk Melihat Jasad Mandela

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Kamis 12 Desember 2013 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 12 414 911129 cMxmq4M2ev.jpg Jasad Nelson Mandela Disemayamkan (Foto: BBC)

PRETORIA – Ribuan warga Afrika Selatan (Afsel) dikabarkan mengantre untuk melihat jasad presiden kulit hitam pertama Afsel Nelson Mandela. Jasad Mandela kini disemayamkan di gedung pemerintahan di Kota Pretoria.

 

Warga diperbolehkan melihat jasad Mandela untuk memberikan penghormatan terakhir. Jasad Mandela akan disemayamkan selama tiga hari di Pretoria sebelum dikuburkan di kampung halamannya di Qunu pada Minggu, 15 Desember 2013.

 

“Kami sangat terharu melihat ribuan warga berbagi rasa cintanya kepada Mandela,” ujar cucu Mandela, Ndaba, seperti dikutip BBC, Kamis (12/12/2013).

 

Sebelumnya, puluhan pemimpin negara datang ke Kota Johannesburg dalam acara penghormatan untuk Mandela. Banyaknya pemimpin negara yang datang menunjukkan posisi penting Mandela dalam sejarah dunia.

 

“Mandela adalah sosok yang menakjubkan. Kami akan merindukannya,” ujar Obama saat berpidato di acara penghormatan Mandela.

 

Sebagian pengamat memperkirakan, ribuan warga juga akan menghadiri pemakaman Mandela di Qunu. Mereka ingin mengantar Mandela untuk yang terkahir kalinya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini