Foto Palsu Jasad Mandela Beredar Luas

Fajar Nugraha, Okezone · Jum'at 13 Desember 2013 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 13 414 912083 9GVPmeNYJ2.jpg Jasad Mandela disemayamkan di Pretoria (Foto: Sky News)

JOHANNESBURG - Sebuah foto palsu yang menunjukkan jasad dari mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela beredar luas di internet. Foto tersebut sempat mengundang kecaman dari banyak pihak.

Foto itu memperlihatkan jasad Nelson Mandela yang berada di dalam peti matinya. Diyakini, foto tersebut merupakan hasil rekayasa dari foto Mandela yang diambil pada 1991.

Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) langsung mengecam pihak yang menyebarkan foto palsu itu melalui Twitter. Pihak pemerintah meminta rakyat untuk segera menghapus foto tersebut.

"Kami minta rakyat untuk tidak melihat foto tersebut dan segera menghapusnya," ujar Juru Bicara Pemerintah Afsel Phumla Williams, seperti dikutip Sky News, Jumat (13/12/2013).

William mengatakan, foto itu pertama kali disebar oleh seorang perempuan Afsel dan ketika mengundang kecaman, foto itu langsung dihapus.

Sejak Rabu 11 Desember 2013 lalu, rakyat Afsel mengantre untuk melihat jasad Nelson Mandela untuk terakhir kalinya. Jasad pejuang anti-apartheid itu disemayamkan dalam sebuah peti kaca di Gedung Union di Pretoria. Setiap warga yang ingin melihatnya, dilarang untuk mengambil foto Mandela.

Sejak beredarnya foto tersebut di Twitter, ribuan orang melayangkan kecamannya. Mereka tidak terima jasad Mandela dipamerkan luas melalui internet.

Keluarga Mandela turut melayangkan kekecawaannya mengenai foto tersebut. Mereka mendesak Pemerintah Afsel untuk melakukan penyelidikan atas penyebaran foto palsu tersebut.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini