Upacara Militer Iringi Pemakaman Mandela

Andreas Gerry Tuwo, Okezone · Sabtu 14 Desember 2013 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 14 414 912345 SAK50NKTP7.JPG Neslon Mandela. (Foto:Reuters)

JOHANESSBURG – Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) akhirnya memutuskan menggunakan upacara militer dalam pemakaman Mandela. Keterangan tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Transportasi Afsel Dipou Peters.

"Ini adalah pertama kali bagi Afsel  dalam menunjukkan hal tertinggi bangsa kita untuk menghormati Presiden pendiri demokrasi dan juga komandan tertinggi angkatan bersenjata," ujar Peters, seperti dikutip dari Mail & Guardian, Sabtu (14/12/2013).

Peters mengimbuhkan, prosesi pemakaman ini akan dipimpin oleh angkatan bersenjata Afsel. Dua puluh satu kesatuan ikut serta dalam upacara tersebut.

"Akan ada penghormatan dari Angkatan Udara Afsel melalui pesawat tempur mereka," imbuhnya.

Selain itu Peters menuturkan, prosesi pemakaman turut diiringi dengan orkestra di panggung utama. Para pemusik ini ditampilkan untuk memainkan lagu kebangsaan Afsel saat pemakaman berlangsung.

Peti jenazah Mandela dilaporkan  ditutup oleh bendera Afsel. Tetapi bendera Afsel akan dilepas saat jenazah dibawa ke kantor partai berkuasa dan tempat Mandela bernaung, Partai ANC.

Seperti diketahui, Mandela menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 tahun. Warisan terbesar pria yang gemar mengenakan batik ini adalah, penyetaraan ras yang dimulai di Afsel dan terimplementasikan ke seluruh dunia. (gry)

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini