Pemikiran Mandela, Dipuji Presiden Afsel

Andreas Gerry Tuwo, Okezone · Minggu 15 Desember 2013 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 14 414 912436 QIB6Ok5seM.jpg Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (Foto:Reuters)

JOHANNESBURG – Mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) masih begitu membekas dibenak pejabat Pemerintahan Afsel. Bahkan Presiden Afsel saat ini Jacob Zuma memuji Mandela, karena pemikirannya dan apa yang dia lakukan dalam dunia politik.

 

“Banyak hal yang bisa ceritakan mengenai Madiba (panggilan Mandela) karena dia telah mengerjakan begitu banyak hal,” ucap Zuma, seperti dikutip dari Mail & Guardian, Sabtu (13/12/2013).

 

“Mandela telah mengombinasikan dua hal yang sama sekali tidak mudah. Dia telah mengombinasikan pemikiran dan tindakan, dan dia telah melakukan itu berulang kali,” ditambahkannya.

 

Bahkan tanpa ragu di Zuma menyebut Mandela adalah manusia yang penuh aksi, dan Zuma memuji semua pemikiran yang telah dihasilkan oleh Mandela. Pidato Zuma mengenai Mandela disampaikannya di depan jenasah  Mandela dan tamu yang datang kepersemayaman Mandela.

 

Pemikiran Nelson Mandela memang telah menjadi suatu warisan berharga tidak hanya bagi Afsel, tetapi juga bagi dunia. Penghapusan politik apartheid atau politik perbedaan warna kulit menjadi salah peninggalan Mandela yang bernilai bagi kehidupan seluruh umat manusia. (gry)

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini