Prosesi Pemakaman Mandela Dijaga Ketat

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Minggu 15 Desember 2013 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 15 414 912535 mEpgHNDfoe.jpg Peti Mati Nelson Mandela Dijaga Ketat (Foto: AP)

QUNU – Prosesi pemakaman mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela di kampung halamannya di Kota Qunu dijaga ketat. Petugas menutup semua jalan di sekitar Qunu.

 

“Para tamu harus menggunakan kendaraan yang sudah disediakan karena tidak ada kendaraan pribadi yang diizinkan memasuki Qunu,” sebut keterangan resmi yang dirilis Pemerintah Afsel, Minggu (15/12/2013).

 

Para tamu dijadwalkan datang ke Qunu pada pukul 07.00 waktu setempat atau pukul 12.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Program pemakaman akan dimulai satu jam setelahnya.

 

Hanya beberapa tamu yang diizinkan melihat secara langsung Mandela dikebumikan. Langkah itu diambil untuk menjaga privasi keluarga Mandela.

 

Beberapa tokoh dunia sudah menghadiri upacara penghormatan Mandela yang digelar pada Selasa, 10 Desember 2013, di Kota Johannesburg. Beberapa kepala negara yang hadir saat itu di antaranya Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Presiden Kuba Raul Castro dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

 

Mandela Wafat pada Kamis, 5 Desember 2013, di kediamannya di Johannesburg. Dia meninggal dunia setelah berbulan-bulan berada dalam kondisi koma.

 

Kematian Mandela diperingati seluruh warga Afsel. Mayoritas warga tidak menangisi kepergian Mandela, melainkan merayakan pencapaian-pencapaian selama hidupnya.

 

 

 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini