nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia Calon Astronot Pertama di Indonesia

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2013 09:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 12 19 373 914894 WjKb6zr4Dm.jpg Rizman A Nugraha, calon astronot dari Indonesia. (Foto: dokumentasi Unilever)

JAKARTA - Apa rasanya ya jalan-jalan ke bulan? Apalagi menjadi orang pertama dari Indonesia yang bisa menginjakkan kaki di bulan. Bisa nggak ya?

Buktinya, Rizman A Nugraha bisa lho. Dia telah terpilih sebagai calon astronot Indonesia pertama untuk bergabung bersama generasi masa depan yang berkesempatan menjelajahi luar angkasa.

Rizman terpilih setelah dirinya menerima lebih dari satu juta pendaftar yang berasal dari seluruh dunia, 107 pria dan wanita terpilih dari 60 negara di dunia berkumpul di Cape Canaveral, Florida untuk menjalani babak final AXE Apollo Space Academy demi membuktikan bahwa mereka pantas untuk pergi ke luar angkasa dan disebut sebagai Astronot.

Di bawah bimbingan tim di markas besar A.A.S.A dan Astronot legenda Buzz Aldrin, 23 orang termasuk satu orang dari Indonesia akhirnya terpilih untuk melakukan perjalanan sekali seumur hidup ke luar angkasa dan mencatat sejarah bersama AXE.

"Kami sangat bangga mengumumkan calon astronot Indonesia pertama yang akan diberangkatkan oleh AXE ke luar angkasa. Rizman telah berhasil melewati seleksi ketat, mengalahkan lebih dari 82 ribu pendaftar dari Indonesia dan menjadi tiga besar yang mengikuti seleksi di AASA Global Spacecamp," kata Brand Manager AXE, Unilever Indonesia, William Wijanarko, dalam siaran persnya kepada Okezone, Jumat (20/12/2013).

Selain itu, lanjut dia, Rizman juga memenuhi kriteria yang dicari oleh AXE yaitu maskulin, mempunyai daya pikat bagi perempuan, pintar tapi menyenangkan, memiliki kestabilan emosi yang baik, serta dapat merepresentasikan dirinya dan Indonesia.

"Selama di AXE Apollo Space Academy, Rizman telah berhasil menantang batas kemampuan dirinya baik mental maupun fisik dengan melalui serangkaian misi yang memberikan pengalaman, sensasi dan tantangan yang layaknya dihadapi seorang Astronot," tambah William.

Selama rangkaian misi pelatihan, Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA®, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

William mengungkapkan, Rizman memiliki nilai tertinggi dalam setiap tantangan di AASA Global Spacecamp walaupun kedua kandidat lainnya dari Indonesia juga tidak kalah membanggakan yaitu Muhammad Sidharta Krisna dan Abraham Gamaliel Figrana.

Sekadar informasi, AXE telah mengumumkan orang Indonesia pertama yang akan keluar angkasa yang telah dipilih oleh AASA dan Buzz Aldrin yang merupakan seorang legenda dan salah satu dari segelintir orang yang pernah keluar angkasa di Kennedy Space Center di Florida, USA yang merupakan markas besar dari AXE Apollo Space Academy.

"Saya sangat bangga dapat bekerja sama dengan AXE untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk pergi ke tempat yang hanya dapat dikunjungi oleh sedikit orang, serta menjadi bagian dari sejarah," kata Buzz Aldrin.

Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot terlatih dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang bernama XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan calon astronot Indonesia pertama ini sejauh 103 km dengan durasi perjalanan 60 menit.

"Rizman akan menjadi AXE man yang akan memberikan inspirasi bagi penggemar setia AXE lainnya bahwa sky is not the limit. Dia juga akan mendapatkan daya pikat tanpa batas AXE sekembalinya dari luar angkasa," tutup William.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini