Usai Dilantik, Ini Target Dekan Psikologi UI

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Jum'at 20 Desember 2013 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 20 373 915162 nbZ6dVbFc2.jpg Dekan Psikologi UI, Tjut Rifameutia Umar Ali. (Foto: Marieska Harya/Okezone)

DEPOK - Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A. (Dekan Fakultas Psikologi), perempuan ayu kelahiran Jakarta, 13 Januari 1960 ini kini terpilih dan menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI).

Istri dari Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay ini mengenyam pendidikan S1 dan S3 di Fakultas Psikologi UI, sementara untuk jenjang S2 ia mengenyam pendidikan di Amerika Serikat dengan jurusan Psikologi Pendidikan Orang Dewasa dan Masyarakat. Tia, begitu ia akrab disapa, memiliki banyak cita-cita dan harapan sebagai dekan.

"Harapannya Fakultas Psikologi ini bisa lebih berperan, bukan hanya di dalam UI, tetapi bisa berkiprah di masyarakat. Banyak masalah di masyarakat yang tak terlepas dari aspek psikologis," katanya di Gedung Rektorat UI, Jumat (20/12/2013).

Caranya, kata Tia, dengan mengembangkan pikiran dan tenaga bagi masyarakat Indonesia. Fakultas Psikologi UI juga ingin terlibat bukan hanya sebagai pemikir tetapi juga pegiat.

"Misalnya sumbang saran dan enggak usah menunggu ditanya. Pemerintah juga banyak yang memerlukan tenaga psikolog, sumbangan ide. Kita ingin lebih banyak berkiprah misalnya mengenai psikologi anak, perkembangan mental, pembangunan karakter bangsa dari sisi psikolog," jelasnya.

Sementara untuk program 100 hari secara internal fakultas, lanjutnya, yakni konsolidasi internal dengan merapikan di dalam, supaya pengembangan SDM bisa mudah direncanakan. Begitu pula denganĀ  struktur organisasi yang perlu dilakukan pembenahan.

"Lalu nilai-nilai akademik visi misi dimantabkan. Selama ini lulusan psikologi bagus, masa tunggu kerja mereka hanya sebentar, bahkan ada program magang yang belum lulus saja sudah diminta bekerja," jelas wanita yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Psikologi UI ini.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini