Share

Yelena, Gadis 100 Beasiswa

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Rabu 25 Desember 2013 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 25 373 917286 WjBnXnFqaq.jpg Ilustrasi: Seventeen

JAKARTA - Bukan rahasia lagi bahwa biaya perguruan tinggi dapat menjadi super mahal. Tak heran jika para lulusan SMA enggan kuliah karena biayanya yang selangit itu. Banyak lulusan SMA/sederajat malah memilih bekerja. Sebagian di antara mereka bekerja sambil mengumpulkan uang untuk kuliah.

Ada sebuah kisah mengagumkan tentang seorang gadis yang kuliah tanpa membayar. Kalian juga bisa, kok, seperti cewek ini.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Yelena Bosovik membuat keputusan untuk pergi ke perguruan tinggi meski tanpa modal. Dia lantas mencari tahu bagaimana caranya membayar biaya kuliah tanpa mengeluarkan uang.

"Ayah saya dipecat dari pekerjaan di bidang pengiriman tak lama setelah saya lulus dari SMA. Bahkan sebelum itu kami hidup jauh di bawah garis kemiskinan untuk keluarga ukuran kami," ujar Yelena, seperti dilansir laman Seventeen, Rabu (25/12/2013).

Yelena tahu diri. Karena orangtuanya hampir tidak bisa memenuhi kebutuhan di rumah, dia pun "mencari uang" untuk membayar kuliah, buku dan biaya lainnya seperti transportasi.

Ketika itu, berburu beasiswa adalah pekerjaan paruh waktunya. Dengan kata lain, dia mengerahkan seluruh sumber dayanya pada upaya ini. Yelena berkejaran dengan deadline-deadline penyusunan berkas-berkas beasiswa dan surat rekomendasi yang dibutuhkan.

Berkat situs beasiswa seperti FastWeb, dia mampu untuk menemukan dan mengajukan permohonan untuk beasiswa. Besaran beasiswa yang didapatnya antara USD250 atau setara dengan Rp3,04 juta hingga USD10 ribu (Rp121 juta). Bahkan, Yelena mendapatkan beasiswa yang sebelumnya tidak pernah dia ketahui.

Hingga usai masa kuliah, Yelena meraih hampir 100 beasiswa. Nah, meskipun kalian mungkin tidak memiliki waktu untuk mengajukan ratusan beasiswa, ada begitu banyak cara yang terjangkau untuk membayar kuliah. Misalnya dengan menghemat biaya kuliah, buku, biaya hidup dan banyak masih lagi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini