nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fahri Hamzah Kritik Poligami Bung Karno

Stefanus Yugo Hindarto, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2014 14:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 01 01 339 920236 J0lVyPeRsb.jpg Screenshot Twitter

JAKARTA- Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah menyebut poligami yang dilakukan oleh presiden pertama RI Soekarno merupakan bentuk poligami yang gagal. Dia menilai salah satu poligami yang sukses adalah poligami yang dilakukan oleh presiden PKS Anis Matta.

Dalam pernyataannya lewat akun twitternya (Kultwit), Fahri mengungkapkan perjalanan cinta Anis Matta dengan istri keduanya, Szilvia Fabula (28). Dia juga mengkritik poligami yang dilakukan oleh Bung Karno

"Pada kasus Anis Matta menurut saya adalah di antara contoh sukses yang nyata. Bukan seperti fiksi dalam ayat-ayat cinta," tulis Fahri dalam akun twitternya, beberapa waktu lalu.

Kata Fahri, Bung Karno tak pernah terbukti sanggup mengumpulkan dua perempuan secara damai bahkan tragis. Dikatakan Fahri, Pernikahan dengan Siti Utari menurut beliau karena menghormati gurunya HOS Tjokroaminoto. Utari baru berumur 15 tahun.

"Ketika Utari dibawa ke bandung si Bung jatuh cinta pada ibu kos, Inggit Garnasih. Utari dipulangkan. Demikian pula ketika dibuang ke Bengkulu seperti saya cerita. bung jatuh cinta pada Fatma. Inggit menyingkir sedih," tulis Fahri.

Hal yang paling tragis, kata Fahri, adalah saat Guruh dilahirkan Ibu Fatmawati sebagai anak terakhir. Bung Karno pergi menikahi Hartini. "Itulah sejarah bangsa kita sampai si Bung menikah 9 kali yang tercatat dan entah berapa yang tidak," ujar dia

Menurut anggota DPR itu,  poligami yang dilaksanakan secara akurat tentu lebih mulia dari berganti pasangan. Resmi atau tidak.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini