nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyik, UT Bakal Gratiskan Calon Maba

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2014 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 01 15 373 926817 mDxXEMJcaa.jpg Kampus Universitas Terbuka. (Foto: dokumentasi UT)

TANGERANG - Universitas Terbuka (UT) tahun ajaran 2014 akan menggratiskan biaya pendidikan mahasiswa baru (maba) yang berasal dari lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini UT akan memberikan ratusan beasiswa, baik dari bidik misi maupun program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan mitra UT.

Pembantu Rektor IV Universitas Terbuka Mohammad Yunus mengatakan, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (SPMBN) tahun lalu, UT menampung sebanyak 300 orang. Namun yang memenuhi seleksi hanya 200 orang.

"Harapannya tahun ini ada penambahan, tapi belum bisa memastikan," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Lebih lanjut, apabila mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dapat mempertahankan IPK-nya maka akan berlanjut beasiswanya. Setiap satu tahun, UT melakukan evaluasi kinerja belajar, yaitu dengan komitmen dan kesungguhan mereka dalam mengikuti tutorial, dan mengerjakan tugas-tugas.

"Kemudian, kesertaan dia dalam tutorial kehadiran dan seterusnya dan di dalam capaian dia ketika Ujian Akhir Semester (UAS) seperti apa nilainya, tapi kita beri waktu dua semester," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Yunus itu melanjutkan, meskipun UT menuntut IPK 2,75, apabila masih mendapatkan IPK 2,5 dalam capaian belajarnya, namun kesungguhan dan keaktifan belajar masih bagus, mahasiswa tersebut diloloskan untuk ikut tahun kedua.

"Nah, begitu tahun kedua ternyata IPKnya tidak mencapai yang kita diharapkan yaitu 3,00, mulai terseleksi. Termasuk kalau dia tidak bisa melanjutkan dan tidak bisa mempertahankan keaktifannya, capaian prestasinya dia terpaksa harus putus dari beasiswanya, selanjutnya biaya sendiri," ungkapnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini