KPU Batam Pastikan Bilik & Kotak Suara dari Karton Tahan Air

Gusti Yennosa, Sindo TV · Jum'at 17 Januari 2014 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 17 340 927671 jWJQVi9Oh1.jpg Ilustrasi pemilih (foto: Irwansyah P Nst/Okezone)

BATAM - Ribuan logistik untuk pemilihan legislatif (pileg) 9 April 2014, berupa kotak dan bilik suara, tiba di KPU Kota Batam, Kepulauan Riau. Ada yang berbeda dari periode sebelumnya, jika dahulu bilik dan kotak suara tersebut terbuat dari besi dan kaleng, kali ini terbuat dari karton.

Meski terbuat dari karton, Ketua Pokja Logistik KPU Kota Batam, Mulkan Siregar, memastikan logistik tersebut tidak cepat rusak karena materialnya tahan air. “Kami jamin kalau kotak dan bilik suara tidak akan mudah rusak. Kami akan menggunakan kotak dan bilik suara yang terbuat dari karton untuk daerah perkotaan yang pendistribusiannya lewat jalur darat,” akunya di Batam, Jumat (17/1/2014).

Pernyataan tersebut menjawab kekhawatirkan sejumlah kalangan yang menyebut kotak dan bilik suara bisa saja rusak sebelum tiba di tempat pemungutan suara (TPS) karena terbuat dari karton. Mengingat, Kota Batam terdiri dari beberapa pulau yang hanya bisa ditempuh dengan perjalanan laut. Apalagi kondisi cuaca saat ini sangat rentan terjadinya badai.

Jumlah kotak suara yang tiba sebanyak 1.854, sedangkan bilik suara sebanyak 1.832. Ribuan logistik tersebut untuk melengkapi kotak dan bilik suara bekas pilkada periode lalu. Pileg nanti, Kota Batam memerlukan 8.224 kotak dan bilik suara yang akan disebar 2.056 TPS di 12 Kecamatan. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 721.000 pemilih.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini