nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanah Bergeser, Puluhan Rumah di Gunung Masigit Rusak & Ambruk

Yuwono (Wahyu), Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2014 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 01 24 527 931098 20vXwEa4Wv.jpg Ilustrasi rumah ambruk akibat pergeseran tanah di Jabar (Dok: RCTI)

BANDUNG BARAT - Bencana pergeseran tanah terjadi di Kampung Cikalong, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Puluhan rumah rusak. Bahkan, ada beberapa rumah yang ambruk.

Pergeseran tanah sudah berlangsung selama hampir sepekan. Selain curah hujan yang tinggi, pergeseran tanah ini juga disebabkan tersumbatnya saluran air.

Retakan tanah terlihat di beberapa titik dan gunung kapur. Kondisinya sudah mengkhawatirkan karena bisa memicu longsor.

Namun, masih banyak warga yang belum mengungsi. Mereka masih bertahan di rumah yang dindingnya sudah retak bahkan nyaris ambruk.

Idris, seorang warga yang rumahnya rusak berat, Jumat (24/1/2014), mengatakan, keluarganya belum mengungsi karena tidak ada tempat.

Idris dan warga lainnya berharap pemerintah kabupaten menyediakan tempat untuk mengungsi. Bahkan mereka siap direlokasi karena kondisi tanah di sana sudah sangat mengkhawatirkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Rony Rudyana, mengatakan, pihaknya hanya bisa mengimbau agar warga selalu waspada, terutama pada malam hari. Pihaknya terus berkoordinasi dengan badan geologi untuk mengetahui dampak bencana di Kampung Cikalong tersebut.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini