nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Cikalong Masih Bertahan meski Tanah Terus Bergeser

Yuwono (Wahyu), Jurnalis · Senin 27 Januari 2014 10:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 01 27 527 932064 DiwIcshruB.jpg Rumah di Cikalong nyaris ambruk akibat pergeseran tanah (Dok: Yuwono/Sindo TV)

BANDUNG BARAT - Bencana pergeseran tanah di Kampung Cikalong, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, membuat puluhan rumah rusak berat dan ringan.

Seorang ahli geologi, Purnomo, Senin (27/1/2014), menuturkan, berdasarkan hasil penelitian, pergerakan tanah masih akan terus terjadi seiring dengan musim hujan. Selain itu, di atas bukit di Gunung Masigit terdapat genangan air yang juga memicu pergerakan tanah.

Ditambah, di lokasi tersebut juga ada pertambangan kapur. Pertambangan itu masih produksi padahal bangunan fasilitas pengolahannya sudah miring, bahkan nyaris ambruk.

Oleh karena itu, tim ahli merekomendasikan agar Kampung Cikalong dikosongkan dari warga karena kondisi lahan di sana sudah sangat membahayakan.

Saat ini masih banyak warga bertahan di rumah masing-masing. Sebagian lainnya ada yang mengungsi sementara ke rumah kerabat.

Berdasarkan data, hingga hari ini ada sembilan rumah yang ambruk dan 35 lainnya rusak. Jenis kerusakan dinding dan lantai rumah retak.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini