Pemilih Pemula di Medan Capai 170 Ribu Jiwa

Akbar Dongoran, Okezone · Rabu 29 Januari 2014 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 29 340 933476

MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengungkap jumlah pemilih pemula di ibukota Sumatera Utara itu mencapai 170 ribu orang. Jumlah itu mencapai 10 persen dari total calon pemilih sebanyak 1,7 juta orang.

Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba, mengatakan, tingginya rasio pemilih pemula membuat KPU harus lebih gencar mensosialisasikan pelaksanaan pemilu ke kalangan mereka. Termasuk pula dengan memberikan sosialisasi tata cara pencoblosan.

“Saya rasa di Medan cukup tinggi dibandingkan daerah lain. Makanya kami lagi gencar-gencarnya melakukan sosialisasi ke kalangan pemilih pemula, khususnya ke sekolah-sekolah. Sejauh ini sudah 25 sekolah yang kami berikan sosialisasi,”sebutnya, Rabu (29/1/2014)

Pihaknya melibatkan sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam relawan demokrasi dalam mensosialisasikan pelaksanaan dan tata cara pencoblosan pada pemilih pemula. “Kalau kami sendiri pasti enggak maksimal. Makanya dibantu sama relawan demokrasi. Relawannya juga masih muda-muda, agar para pemilih pemula tidak canggung,” tambahnya.

Pandapotan mengaku sangat puas dengan perilaku pemilih pemula di Medan. Berdasarkan sejumlah pemilihan umum yang pernah dilakukan, rasio keikutsertaan para pemilih pemula selalu cukup tinggi. Baik untuk pemilihan legislatif maupun pemilihan kepala daerah.

“Mereka biasanya sangat antusias, mungkin karena kali pertama memilih. Di beberapa pemilu, baik itu legislatif maupun kepala daerah, rata-rata 80 persen pemilih pemula di Medan menggunakan hak suaranya,” tutupnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini