Pemilih Pemula Potensial Motivasi Keluarga ke TPS

Akbar Dongoran, Okezone · Rabu 29 Januari 2014 22:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 29 340 933510

MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mencatat jumlah pemilih pemula di Medan cukup tinggi, dibandingkan daerah lainnya di Sumatera Utara. Tingginya jumlah pemilih itupun linier dengan tingkat partisipasi politik para pemilih pemula yang sangat jauh jika dibandingkan pemilih pada umumnya.

โ€œDari sisi kuantitas, saya pikir angka 10 persen dari total pemilih yang mencapai 1,7 juta jiwa kan cukup besar. Kalau dari sisi kualitas, rata-rata 80 persen pemilih pemula menggunakan hak pilihnya setiap kali dilaksanakannya pemilihan umum, baik legislatif, presiden, hingga kepala daerah,โ€ ujar Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba, Rabu (29/1/2014).

Tingginya jumlah dan tingkat partisipasi pemilih pemula ini mulai dilirik KPU. Pandapotan mengaku, dalam tiap sosialisasi yang dilakukan terhadap pemilih pemula, KPU maupun relawan yang dibentuk selalu menitipkan pesan agar mereka menjadi agen motivator bagi keluarga masing-masing.

โ€œKami sudah lakukan sosialisasi di 25 sekolah. Setiap sosialiasi kami selalu sampaikan agar mereka sebagai agen perubahan, dan ikut memotivasi keluarganya untuk memberikan suara di pemilu mendatang. Saya pikir kalau ini dilakukan lebih masiv, hasilnya akan sangat baik untuk. Apalagi pemilih pemula biasanya sangat antusias dan energik,โ€ tukasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini