Pengawal Curi Berlian Mantan Istri Sultan Brunei

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Jum'at 31 Januari 2014 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 31 411 934324 BOAr2Preor.jpg Sultan Brunei dan mantan istrinya, Mariam Aziz. (Foto: Reuters)

LONDON - Seorang pengawal perempuan dilaporkan mencuri berlian langka senilai 12 juta poundsterling atau setara Rp241 miliar milik mantan istri salah satu orang terkaya di dunia, Sultan Brunei.

Melansir Daily Mail, Jumat (31/1/2014), Fatimah Lim dituduh mencuri dua berlian besar dari tempat penyimpanannya di rumah Mariam Aziz di London. Mariam Aziz adalah mantan istri Sultan Brunei.

Dia dituduh mengganti berlian biru berbentuk pir berkarat 12,71 senilai 7,6 juta poundsterling atau setara Rp152 miliar. Serta mengambil berlian kuning berbentuk persegi panjang sebesar 27,1 karat senilai 600 ribu poundsterling atau setara Rp12 miliar. Dengan replika senilai 150 poundsterling atau setara Rp3 juta per berliannya.

Wanita berkebangsaan Singapura itu mengatakan mencuri berlian-berlian itu dari para pekerja rumah Mariam Aziz di Kensington, London barat setelah membodohi putrinya dengan mengaku akan meminjamnya selama beberapa jam.

Selain itu, dia juga dituduh mencuri gelang berlian senilai 3,3 juta poundsterling atau setara Rp66 miliar setelah Mariam Aziz memberikan ke Fatimah untuk disimpan dalam tempat penyimpanan.

Ketika Aziz meminta gelang tersebut, Lim menyangkal jika Aziz pernah memberikannya, yang kemudian kecurigaan sempat jatuh pada pembantu rumah tangga. Kemudian dia mencuri dan menjual berlian yang diberikan Aziz itu. Berlian biru tersebut adalah pemberian Sultan Brunei selama pernikahan mereka, yang dibeli dari Hilton Park Lane pada 1986.

Demikian dipaparkan pihak pengadilan. Sultan yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia sempat menikah dengan Aziz yang mantan pramugari maskapai penerbangan.

Wanita berdarah Brunei, keturunan Jepang dan Skotlandia tersebut memiliki empat anak selama 21 tahun pernikahan mereka. Gareth Patterson, jaksa penuntut, mengatakan, "Jaksa yang menangani kasus ini mengakui jika terdakwa telah melanggar kepercayaan yang diberikan dirinya oleh majikannya, Aziz".

"Ketiga berlian yang hilang itu adalah gelang berlian, berlian berwarna kuning yang cukup besar, dan berlian biru besar. Tampaknya terdakwa mungkin telah memutuskan untuk menjual berlian tersebut, dia ingin menghapus utangnya karena senang berjudi," tambah sang jaksa.

Pengadilan Isleworth Crown mendapat laporan bahwa setelah mencuri berlian itu, Lim membawanya ke sebuah toko perhiasan di Hatton Garden lantas menjualnya. Saat itu, kepada toko perhiasan itu, Lim mengklaim itu adalah hadiah Aziz kepadanya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini