Share

Adang: Pilih Wakapolri Baru, Senioritas Kepangkatan Harus Diperhatikan

Fiddy Anggriawan , Okezone · Rabu 05 Februari 2014 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 05 339 936597 OSYHnzdqS7.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Wakapolri Komjen Pol Oegroseno akan memasuki masa pensiun pada akhir Februari mendatang. Korps baju cokelat pun sedang menggodok beberapa nama untuk menggantikan Oegroseno.  

 

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Adang Darajatun, mengatakan pemilihan wakapolri bukan perkara yang mudah, karena harus mampu melakukan sesuatu perbantuan terhadap tugas-tugas pokok Kapolri Jenderal Pol Sutarman.

 

"Jadi, saya lihat dari beberapa pendekatan, yang pasti siapapun calon Wakapolri, kita harapkan pertama, punya penilaian baik dalam konteks kemampuan, pernah di lapangan, dan staf. Karena bagaimana pun wakapolri lebih kepada mengurus masalah internal di Mabes Polri," jelas Adang saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

 

Menurutnya, wakapolri yang baru bertugas untuk mengawasi kegiatan satuan-satuan di Mabes Polri. "Kalau saya ditanya proses pemilihan wakapolri, yang jelas harus dicari wakapolri yang mumpuni untuk bantu tugas kapolri yang berat," tegasnya.

 

Sementara itu, kata Adang, senioritas kepangkatan sangat berpengaruh dalam proses penjajakan calon wakapolri. Meski tidak ada ketentuan yang bersifat khusus.

 

"Kalau untuk saya, mereka yang berbintang tiga selama umurnya masih memenuhi persyaratan, berarti mereka memiliki kemampuan untuk duduk sebagai wakapolri. Bagaimanapun juga, seniortas kepangkatan juga penting dalam konteks psikologis seorang pemimpin," tuntas mantan Wakapolri itu.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini