nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Tak Menyangka Ada Pohon Ganja di Antara Singkong

Tri Ispranoto, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2014 19:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 02 13 527 940528

BANDUNG - Keberadaan kebun ganja di Cipondoh Girang, RT 01/12, Kelurahan Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, selama ini luput dari perhatian warga.

Pasalnya, Yongki alias Iyong (30), menanam tanaman 'surga' itu di antara pohon singkong dan pohon pisang yang rimbun.

Warga yang bermukim sekira 10 meter dari lokasi penemuan tanaman ganja itu pun tak menyangka bahwa di dalam kebun seluas sekira satu hektare itu terdapat ganja.

“Saya tidak tahu kalau ada ganja. Saya juga baru tahu bentuk pohon ganja saat tadi Pak Polisi bawa dari dalam kebun,” ujar warga sekitar, Abdul (32)‎ kepada wartawan, Kamis (13/2/2014).

Sementara itu, Yongki mengaku menanam ganja tersebut sejak lima bulan lalu. Dia mulai menanam saat batang pohon seukuran 10 sentimeter.

“Warga memang tidak tahu. Saya waktu itu tanam pohon kan masih seukuran 10 sentimeter. Saya bawanya pakai plastik pas pagi-pagi,” jelasnya.

Saat disinggung soal perawatan, Yongki mengaku hanya menanam dan langsung meninggalkannya b‎egitu saja tanpa ada perawatan khusus.

“Ini kan kebun punya Uwa (paman), hanya yang menggarap bapak saya. Tapi bapak juga enggak tahu itu pohon ganja. Lagian bapak sudah tua umurnya 70-an,” bebernya.

‎Di tempat yang sama, Kasatres Narkoba Polrestabes Bandung, AKBP Mokhamad Ngajib, mengatakan, pohon ganja cocok ditanam di tempat seperti kebun milik Yongki.

“Kawasan sekitar Bandung cocok, daerahnya kan di perbukitan dan lembab. Buktinya ini lima bulan sudah seukuran dua meter,” terangnya.

Ngajib menduga, dari lima batang ganja tersebut dapat menghasilkan sedikitnya setengah kilogram ganja kering. “Kami masih telusuri lagi kemungkinan-kemungkinan jika ada tanaman serupa diwilayah ini,” ucapnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini