HT Bocorkan 6 Kiat Jadi Entrepreneur

Yudhi Maulana, Okezone · Kamis 20 Februari 2014 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 20 373 943972 4WIBd3SpUn.jpg CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara di STAIT Sahid, Bogor. (Foto: Yudhi Maulana/Okezone)

BOGOR - CEO dari MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) memberikan kuliah umum di depan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Terpadu (STAIT) Sahid, Bogor. Dalam kesempatan tersebut, HT membocorkan enam kiat dalam meraih kesuksesan sebagai seorang entrepreneur.

Dalam seminar yang bertajuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha di Kalangan Mahasiswa, enam kiat yang dipaparkan HT terkait dalam terjun ke dunia usaha. Pertama, pastikan dan tegas dalam memilih karir yang diinginkan. "Jangan sekali-sekali ikut-ikutan teman, harus yakin dalam memilih bidang yang diminati," jelasnya di depan ratusan mahasiswa, Kamis (20/2/2014).

Kiat kedua, lanjutnya, adalah fokus pada kualitas. Cara meningkatkan kualitas, kata HT, adalah dengan bersungguh-sungguh menekuni sesuai dengan bidang yang digeluti. "Speed juga harus ditingkatkan. Untuk itu konsentrasi dan motivasi juga diperlukan," ungkap HT.

Ketiga, harus ada introspeksi diri. Musuh paling besar adalah diri sendiri. Sifat-sifat negatif dalam diri seperti malas, angkuh, sombong, dan sebagainya harus diperbaiki melalui introspeksi diri. "Keempat adalah bergaul dengan orang-orang yang tepat, jangan sampai terjerumus ke dalam lubang yang dapat menyesatkan," tambahnya.

Kelima, lanjut HT, konsisten dan kesabaran dalam menjalani usaha. Butuh waktu dan proses dalam melangkah menuju kesuksesan. Untuk itu, perlu konsistensi dan kemantapan hati dalam terjun ke bidang wirausaha.

"Dalam sebuah proses, kita perlu membangun network, reputasi, kredibilitas dan itu semua butuh waktu. Nikmatilah prosesnya," tutur HT.

Terakhir adalah bersyukur kepada Tuhan. Sebab, keputusan berhasil atau tidaknya seseorang itu adalah Tuhan. "Jangan pernah merasa minder meski masih muda, karena kesuksesan tidak diukur oleh usia," tukasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini