Bermodal Jimat, Asep Sukses Menjambret di 35 Lokasi di Bandung

Tri Ispranoto, Okezone · Rabu 26 Februari 2014 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 26 526 946992 ojgREnfpmq.jpg Jimat yang digunakan Asep saat manjambret (Foto: Tri/Okezone)

BANDUNG - Bermodal tujuh jimat, AS alias Asep (28), sukses menjambret di 35 lokasi dalam kurun Oktober 2013 hingga Februari 2014.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashudi, mengungkapkan, pria yang sudah tiga ‎kali bolak-balik masuk bui itu berhasil ditangkap di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kecamatan Cicendo, belum lama ini.

“Kami bisa menangkap pelaku atas ciri-ciri yang diungkapkan para korban penjambretan. Akhirnya, tim dari Unit Ranmor melakukan pengintaian hingga akhirnya pelaku berhasil ditangkap di depan stasiun,” jelas Mashudi kepada wartawan, Rabu (26/2/2014).

Asep terbilang berani dalam beraksi. Ia hanya bermodal sepeda motor Suzuki Satria FU. Selain itu, ia beraksi seorang diri dan tanpa membekali diri dengan senjata api maupun senjata tajam.

Dari 35 lokasi tersebut, tempat yang menjadi favoritnya adalah Jalan Riau, Jalan Pramuka, Jalan Laswi, dan Jalan Lengkong. Dalam beraksi, ia memiliki dua pola, yakni pukul 16.00-18.00 WIB dan 20.00-22.00 WIB.

“Modusnya pelaku ini mengincar pengendara dan mengikutinya sampai tempat sepi. Setelah itu baru melakukan perampasan. Kalau korban melawan pelaku ini tak segan-segan memukul korbannya,” tuturnya.

Untuk menghilangkan jejak, pelaku kabur ke tempat kosnya di Bojong Koneng. “Barang-barang yang sekiranya tidak terpakai dibungkus kresek dan dibuang ke sungai Cikapundung,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, pria yang kesehariannya menjadi montir itu mengaku sudah tiga kali berhasil kabur dari kejaran polisi. Ia menganggap keberhasilannya kabur salah satunya karena jimat.

“Kalau jimat itu awalnya saya temukan di tas korban. Selain itu, biar enggak kualat saya bawa-bawa juga biar bisa jadi jimat saya. Al Kitab juga itu hasil menjambret. Tapi pas mau dibuang saya enggak berani, takut dosa,” ucapnya.

Polisi juga mengamankan motor, helm, jaket pelaku, beberapa tas korban, 14 telefon genggam berbagai merek, 12 STNK kendaraan milik korban, 35 sarung handphone, 3 buah Al Kitab, dan barang lainnya.

Asep kini ditahan di ruang tahanan Mapolrestabes Bandung. Ia dijerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 12 tahun.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini