Polisi: Tidak Ada Jam Malam di Kota Bandung!

Tri Ispranoto, Okezone · Kamis 27 Februari 2014 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 27 526 947300 wUszidRb8M.jpg Mashudi dan Ridwan Kamil (Foto: Tri/Okezone)

BANDUNG - Kepolisian membantah memberlakukan jam malam di Kota Bandung, Jawa Barat. Bantahan itu ditujukan kepada masyarakat yang menganggap rekomendasi jam operasional tempah hiburan malam merupakan bentuk ‘pengekangan’ oleh polisi.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashudi, mengakui banyak mendapat informasi mengenai keluhan masyarakat tersebut dari Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

“Tidak ada namanya pemberlakuan jam malam. Kami hanya merekomendasikan pembatasan operasional tempat hiburan,” tuturnya kepada wartawan, Rabu (27/2/2014).

Soal keluhan tersebut dialamatkan ke wali kota, ia menilai hal itu wajar. Sebagai pemimpin tertinggi di Kota Bandung, Wali Kota dianggap sebagai panutan masyarakat. 

Rekomendasi itu, jelas Mashudi, dikeluarkan semata demi menciptakan situasi kondusif di Kota bandung.

“Secara jujur kami kepolisian ini melihat dari sisi kriminalitas. Terutama kriminalitas yang terjadi di malam hari,” katanya.

Saat disinggung mengenai pembubaran acara di beberapa lokasi yang bukan tempat hiburan, Mashudi menganggap bahwa hal itu bentuk kasih sayang polisi terhadap masyarakat.

“Kejadian (kriminal) kan antara pukul 01.00 dan 03.00 WIB. Makanya yang duduk-duduk di Taman Flexy kami imbau untuk pulang. Bukan berarti jam malam,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, rekomendasi tersebut hanya berlaku untuk tempat hiburan seperti karaoke, diskotek, dan tempat tertentu lainnya.

Seperti diketahui, pada awal 2014, Kapolda Jabar, Irjen Pol Mochamad Iriawan, merekomendasikan ke Pemkot Bandung agar tempat hiburan malam tutup hingga pukul 00.00 WIB.

Namun hingga saat ini, rekomendasi tersebut masih digodok oleh pihak terkait. Meski belum disahkan, pihak kepolisian telah melakukan tindakan tegas berupa penyegelan terhadap tempat hiburan yang buka hingga di atas pukul 00.00 WIBseperti dialami Bar and Bistro The Loft di Jalan Sumatera, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Tindakan tegas itu diambil atas landasan izin keramaian yang dikeluarkan kepolisian.

Sementara itu, Pemkot Bandung berpedoman pada Perda Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penyelenggara Kepariwisataan. Dalam aturan tersebut, tempat hiburan boleh beroperasi hingga pukul 03.00 WIB.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini