nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beda Polwan Indonesia & Polisi Afganistan

Nina Suartika, Jurnalis · Sabtu 01 Maret 2014 13:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 03 01 500 948507 c5Y1zh1Add.jpg

JAKARTA - Polisi wanita asal Afganistan melakukan studi banding di Polres Jakarta Timur. Bagi mereka, banyak perbedaan antara Polwan Afganistan dengan Indonesia.

 

"Kalau perempuan di Afganistan itu tidak merdeka seperti di Indonesia. Di sana, mereka terkukung oleh budaya dan adat, dan perbedaan antara laki-laki dan perempuannya sangat menonjol," kata Kepala Unit PPA (Penanganan Perempuan dan Anak), Endang Sri Lestari saat mendamping Polwan Afganistan di Polres Jakarta Timur, Sabtu (1/3/2014).

 

Menurut Endang, hal tersebut yang membuat mereka ingin melakukan studi banding di Indonesia.

 

"Kalau di Afganistan, meski pun mereka sudah menjadi Polwan, posisi mereka harus tetap di bawah laki-laki. Mereka pun bertindak harus sesuai instruksi laki-laki. Tidak seperti di sini," kata Endang.

 

Endang mengatakan, keinginan Polwan Afganistan belajar di Indonesia dilakukan setelah Taliban turun. Menurutnya, mereka ingin meningkatkan kapasitas Polwan di sana.

 

"Kalau berdasarkan cerita mereka sih, mereka ke sini setelah Taliban turun. Jadi mereka ingin meningkatkan kapasiti building mereka," kata Endang.

 

Sebanyak 25 Polwan Afganistan melakukan studi banding di Polres Jakarta Timur. Tidak hanya belajar mengenai penanganan kasus, Polwan yang berasal dari tiga suku yaitu Tajik, Pastun dan Hazara ini juga belajar mengenai sejarah Indonesia.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini