Spanduk Caleg Dinilai Membodohi Masyarakat

Rus Akbar, Okezone · Senin 03 Maret 2014 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 03 340 949061 3Yy9hI6R0Z.jpg Stiker nyeleneh yang dipasang salah seorang aktivis di Padang (Foto: Rus Akbar/okezone)

PADANG – “Tidak memilih mereka yang merasa bersih, religius, peduli, merakyat, jujur, tegas, adil,melayani, profesional, mengabdi, amanah dan ikhlas” itulah yang tertera di kaca belakang sebuah mobil Kijang warna hijau tua di Kota Padang, Sumatera Barat.

Mobil itu merupakan milik Rifai Lubis, seorang aktivis LSM di Kota Padang. Ide itu muncul sebab banyak para caleg yang memajang kalimat di spanduk maupun iklan berjalan yang dipasang di mobil.

“Banyak yang menyebut dirinya bersih, peduli, sebagainya dan itu spanduk banyak dipasang di mana-mana. Kalau menurut saya, itu membodohi masyarakat sendiri sebab gambar-gambar yang bertebaran tidak bisa diverifikasi apa betul-betul mereka jujur seperti yang tertera dalam gambarnya, mereka itu mengklaim,” kata Rifai, Senin (3/3/2014).

Pria yang masuk dalam tim seleksi anggota KPUD Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, itu meminta masyarakat lebih kritis soal poster para caleg. “Saya pakai stiker itu sebagai tagline dan imbauan kepada masyarakat,” ujarnya.

Memang stiker itu baru dipasang di mobilnya, sebab itu satu-satunya media yang bisa disalurkan. “Ada juga di media sosial yang disebarkan kawan-kawan, ini agar masyarakat di media sosial mengerti apa yang mereka pilih,” tuturnya.

“Rencananya kita memasang ini sampai pemilihan presiden. Memang ada kemauan kita untuk memasang banyak-banyak tapi itulah dana yang ada,” ucapnya.

Sekarang, kata Rifai, tidak perlul membual poster-poster tapi masyarakat perlu bukti nyata setelah mereka duduk di parlemen. “Untuk itu saya mengajak masyarakat agar tidak tergoda dengan gambar-gambar dan janjinya,” pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini