Kasus Pertukaran Satwa KBS, Polisi Periksa Wadir Mirah Fantasia

Nurul Arifin, Okezone · Rabu 05 Maret 2014 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 05 519 950431

SURABAYA - Polrestabes Surabaya terus menelusuri kasus dugaan korupsi dari pertukaran satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur. Kali ini giliran Wakil Direktur Mirah Fantasia, Ketut Suwardika, yang diperiksa oleh Unit Tipiter Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Kanit Tipiter Satreskrim Polrestabes Surabaya, AKP Kadek Ida Bagus, mengatakan, Ketut diperiksa sebagai saksi atas kasus tersebut. Selain dia, ada seorang lagi yakni mantan Ketua Tim Pengelola Sementara KBS, Tony Samampau, namun berhalangan hadir.

"Besok (6 Maret 2014) Pak Tony akan kami panggil lagi," kata Kadek di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (5/3/2014).

Pemeriksaan dilakukan berdasarkan perjanjian satwa antara pihak KBS dengan Mirah Fantasia Banyuwangi. Penyidik melihat ada kesalahan prosedur dalam MoU yang dibuat untuk pertukaran satwa.

Dalam kasus pertukaran satwa ini ada sejumlah nama yang bakal diperiksa oleh Polisi di antaranya Tony Sumampau (mantan Ketua TPS), Rahmat Syah (Dirut THPS), Irwan Nasution (Komisaris TS Lembah Hijau), Ludfie Ahmad (mantan Kepala BKSDA Jatim), Agus Mulyanto (GM Jatim Park), Ali Syarifudin (GM Maharani Zoo), dan Michael Sumampau (GM Taman Safari Prigen).

Sebelumnya, petinggi KBS juga menjalani pemeriksaan yang sama dalam kasus serupa. Mereka adalah Dirut PDTS Ratna Achjuningrum dan Direktur Operasional KBS Liang Kaspe.

Hingga saat ini polisi masih belum menetapkan tersangka atas kasus pertukaran satwa yang diduga menyalahi prosedur. Pasalnya, ditemukan ada satwa yang ditukar dengan sepeda motor hingga mobil.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini