Share

Selandia Baru Berikan 50 Beasiswa S-2 & S-3

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 10 Maret 2014 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 10 368 952625 T0PToHBPkW.jpg Ilustrasi: College Cures

JAKARTA - Pemerintah Selandia Baru kembali menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa di Asia Tenggara. Tahun ini, beasiswa bertajuk New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS) itu diberikan untuk 50 mahasiswa program master dan doktoral.

Program beasiswa tersebut tidak hanya merujuk pada prestasi akademis calon mahasiswa tapi juga melihat kepemimpinan mereka. Selain itu, NZAS juga diprioritaskan bagi para wanita dan mereka yang berada di Indonesia timur.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Kami mencari mereka yang bisa berkontribusi baik bagi pembangunan Indonesia dilihat dari jiwa kepemimpinannya. Itulah kenapa kami sediakan program pascasarjana. Kalau SMA, kami belum bisa lihat tujuan hidup mereka, cita-cita, kadang mereka pun masih bingung ingin kuliah jurusan apa," tutur Education New Zealand (ENZ) Market Development Manager Indonesia Yenny Chen di Kedutaan Besar Selandia Baru, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/3/2014).

Yenny mengungkapkan, program beasiswa tersebut diprioritaskan untuk sejumlah bidang, yakni geotermal, agrikultur, sains, ICT, dan teknik. Namun, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan para calon peserta mengajukan beasiswa di bidang lain.

"Setiap negara ada program pembangunan yang ingin dicapai. Berdasarkan kesepakatan antara Indonesia dan Selandia Baru, lima bidang itu yang menjadi fokus pembangunan kedua negara. Tapi, kalau memang peminat di bidang itu sedikit, bukan tidak mungkin untuk membuka bidang baru. Karena kami tidak ingin 50 beasiswa tadi tidak terpakai," paparnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk lebih mengenal dunia pendidikan di Selandia Baru, ENZ kembali menggelar pameran pendidikan tinggi yang berlokasi di Surabaya dan Jakarta pada 15 dan 16 Maret 2014. Sehingga baik orangtua maupun mahasiswa dapat mencari tahu informasi terkait kampus idaman di negara tersebut.

"Perbedaan dengan pameran pendidikan tahun sebelumnya, lebih banyak kampus yang hadir serta ada stan pariwisata untuk memberikan informasi tentang lokasi di Selandia Baru. Jadi orangtua juga bisa tahu kondisi lingkungan anak mereka. Selain itu, akan ada sharing experience dari alumni," tutur Yenny.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini